x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2020

Senin, 23 Desember 2019 07:07 WIB

Misteri dan Pesona Keindahan Air Terjun Coban Rondo Malang

Mau tahu salah satu obyek wisata alam yang paling populer di Malang Jawa Timur? Coban Rondo adalah jawabannya. Yuk simak informasi lengkapnya seputar misteri dan pesona keindahan air terjun satu ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Conban Rondo merupakan salah satu dari deretan wisata air terjun di Malang yang memiliki keindahan yang sangat menggoda yang mampu menarik para pengunjungnya. Tidak hanya pesonanya, wisata Coban Rondo ini juga dikaitkan dengan cerita-cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Dan dikesempatan ini penulis akan mengulas tentang daya tarik, misteri, lokasi dan harga tiket masuk wisata Coban Rondo.

Wisata air terjun ini berlokasi di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tidaklah sulit untuk menuju lokasi air terjun ini, penunjuk arah juga bisa ditemukan dengan mudah. Untuk jalur paling mudah pengunjung bisa mengikuti jalur jalan raya Malang-Batu, sampai di kota Bbatu anda sudah bisa mengikuti alur papan penunjuk arah.

Pengunjung juga bisa menggunakan google maps untuk mencapai lokasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Legenda Asal Usul Coban Rondo

Sebagaimana yang dilansir dari situs penyedia jasa sewa mobil Malang, selain dikenal dengan pesona keindahannya, menurut situs Pigunigu air terjun ini memiliki sebuah legenda dimana dahulu kala sepasang kekasih Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo sedang dilanda asmara. Pada ahirnya mengikat janji dan menikah.

Tapi, baru hitungan hari sang Dewi mengajak suaminya berlibur ke rumah ortunya yang berlokasi di gunung Anjasmoro. Namun rencana tersebut ditentang oleh orang tua Dewi Anjarwati dengan alasan menurut tradisi Jawa kuno sepasang pengantin baru tidak boleh bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan. Jika dilanggar, hal tersebut bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Namun mereka tetap bergegas untuk pergi.

Sesampainya ditengah perjalanan sepasang pengantin tersebut bertemu dengan seorang pemuda yang bernama Joko Lelono. Rupanya si Joko terpikat dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Dia pun memberanikan diri menantang Raden Kusumo untuk merebut sang Dewi.

Raden Kusumo menyuruh istrinya untuk bersembunyi dibalik air terjun hingga suaminya datang menjemput. Terjadilah duel antara Baron dan Joko Lelono, pada ahirnya mereka sama-sama tewa4s dalam pertarungan. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun yang kini di sebut dengan Coban Rondo.

Keindahan Coban Rondo

Dibalik cerita misterinya, Coban Rrondo ini menyimpan keindahan yang begitu memanjakan. Aliran air sangat jernih terjun bebas dari ketinggian 84 meter yang melewati tebing berbalut tanaman hijau. Terlihat begitu menakjubkan.

Suasana di lokasi air terjun juga sangatlah sejuk karena memang berada di ketinggian 1.135 MDPL. Tentunya hal tersebut membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama-lama dilokasi air terjun.  Banyak hal menarik yang bisa dilakukan, seperti camping ground, trekking bagi yang suka berpetualang, bersepeda gunung, naik kereta kelinci dan masih banyak wahana menarik lainnya.

Harga tiket 

Untuk harga tiket masuk  terbilang cukup terjangkau. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp.8000 untuk wisatawan lokal dan Rp.10.000 untuk mancanegara.

Fasilitas 

Untuk fasilitas tidak perlu di cemaskan lagi karena memang terkelola dengan sangat baik. Untuk yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam dan wisata di sekitar kota Batu, anda bisa dengan mudah menemukan hotel di dekat lokasi seperti di Songgoriti dan pusat kota Batu.

Demikianlah informasi tentang wisata air terjun Coban Rondo Malang, semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda. Selamat menikmati masa liburan ya...

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler