x

Iklan

Bella Annida

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Desember 2019

Selasa, 24 Desember 2019 20:58 WIB

Jalan-jalan Ke Klenteng Sam Poo Kong, Yuk!

Ada tempat wisata menarik terkait budaya China, tepatnya berada di sebelah barat daya kota Semarang. Nama tempat wisata itu ialah Klenteng Sam Poo King. Yuk simak informasi lengkapnya di situs Indonesiana.id

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Klenteng Sam poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan petilasan seorang laksamana dari daerah China. Nama Beliau adalah Laksamana Zheng He / Cheng Ho. Kelenteng Sam Poo Kong terletak di daerah Simongan, tepatnya sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri ke-islaman-an dengan ditemukannya sebuah tulisan berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an". Dengan di temukannya tulisan seperti itu menunjukan bahwa Laksama ChengHo merupakan tokoh yang beragama islam.

Menurut riwayat yang berdasarkan dari sumber explorewisata.com, bahwa Laksamana Zheng Ho waktu itu sedang berlayar melewati daerah laut Jawa, tetapi saat melintasi laut Jawa, banyak awak kapalnya yang jatuh sakit. Kemudian ia memerintahkan untuk membuang sauh. Kemudian merapatlah ke pantai utara Semarang untuk berlindung di sebuah goa dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai yang sekarang telah berubah fungsi menjadi kelenteng.

Bangunan itu sekarang telah berada di tengah kota Semarang diakibatkan pantai utara Jawa selalu mengalami proses pendangkalan yang di akibatkan adanya proses sedimentasi sehingga lambat-laun daratan akan semakin bertambah luas kearah utara. Masjid itulah yang kini dinamakan dengan kelenteng Sam Poo Kong.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekilas Tentang Bangunan Klenteng Sam Poo Kong

Hampir semua bangunan yang ada di kawasan Sam Po kong ini memiliki bangunan dengan warna merah dan berarsitektur ala China. Saat ini Sam Po Kong dijadikan sebagai tempat peringatan dan tempat pemujaan atau juga bersembahyang dan berziarah.

Untuk keperluan tersebut, di dalam goa batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Sebenarnya laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, akan tetapi oleh orang Kong Hu Chu di anggap dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Bangunan utama dari Klenteng Sam Poo Kong ini adalah sebuah goa yang di namakan dengan Goa Batu, inilah tempat awal saat laksamana Cheng Ho dan anak buahnya mendarat di pulau Jawa. Goa aslinya telah tertimbun longsor namun berkat solidaritas masyarakat untuk menghormati SamPoo Kong maka di galilah goa tersebut sehingga sampai saat ini masih bisa kita lihat.

Di dalam goa Batu tersebut terdapat sebuah patung Laksamana Cheng Ho yang telah dilapisi emas dan digunakan untuk ruang sembahyang dalam memohon doa restu keselamatan, kesehatan dan rejeki. Selain bangunan inti goa batu tersebut, yang dindingnya dihiasi relief tentang perjalanan Cheng Ho dari daratan China sampa ke Jawa, di area ini juga terdapat satu kelenteng besar dan dua tempat sembahyang yang lebih kecil.

Harga Tiket Masuk Wisata Sam Poo Kong

Untuk harga tiket masuk dari tempat wisata klenteng Sam Po Kong ini sangatlah terjangkau. Saat saya datang beberapa bulan lalu harga tiket masuk klenteng Sampoo Kong hanya Rp 3000 per orang. Tentunya harga tiket tersebut untuk membiayai perawatan klenteng agar tetap terjaga dan terawat.

Usahakan saat kita datang ke sana persiapkan kamera yang bagus untuk mengabadikannya. Karena semua bangunan di sana sangatlah indah. Dengan ciri khas warna merah dan gaya arsitektur ala bangunan China maka kita bisa berfoto seakan akan kita berada di daerah China sesungguhnya. Biasanya ada juga yang membuat acara shooting film di sana karena memang tempatnya yang cocok di jadikan background film.

Selain itu kita juga bisa berfoto dengan menggunakan pakaian pakaian China, yaitu berupa baju baju adat yang berasal dari dinasti kerajaan China pada masa lalu. Pokokjnya dijamin Anda tidak akan kecewa saat berada di sana. Sayangnya harga sewa kostum untuk memakai baju tersebut tergolong mahal. Waktu itu ketika saya datang harganya sekitar Rp 80.000 per kostum. Jadi kalau dana kita mepet mending gak menyewa pakaian. Ganti saja dengan berfoto ria dengan background bangunan klenteng yang cantik dan megah. Itu sudah membuat kita merasa puas tanpa harus menyewa kostum.

Ikuti tulisan menarik Bella Annida lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler