x

Iklan

Sinta Nurhikmah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2019

Kamis, 26 Desember 2019 06:16 WIB

Sinopsis Clemency, Film Tentang Sipir Penjara yang Raih Penghargaan

ilm Clemency yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Chinonye Chukwu akan segera meluncur di bioskop. Dibintangi oleh beberapa artis papan atas, seperti Alfre Woodard, Richard Schiff, Danielle Brooks, Michael O’Neill, Richard Gunn, Wendell Pierce, dan Aldis Hodge akan tayang pada 27 Desember 2019 dan sebelumnya telah tayang di Sundance Film festival pada 27 Januari 2019 silam.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Film Clemency yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Chinonye Chukwu akan segera meluncur di bioskop. Dibintangi oleh beberapa artis papan atas, seperti Alfre Woodard, Richard Schiff, Danielle Brooks, Michael O’Neill, Richard Gunn, Wendell Pierce, dan Aldis Hodge akan tayang pada 27 Desember 2019. Sebelumnya film ini telah tayang di Sundance Film festival pada 27 Januari 2019 silam.

Berkisah tentang seorang perempuan yang bernama Bernadine Williams yang bekerja sebagai seorang sipir penjara di Death Row, harus berjibaku dengan para narapidana yang harus dieksekusi mati. Bernadine harus menyuntikkan sebuah cairan mematikan pada tubuh narapidana tersebut, dan telah mengeksekusi setidaknya 12 orang narapidana yang dijatuhi hukuman mati tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bernadine selalu merasa tertekan ketika harus melakukan pekerjaannya tersebut, saat menyuntikkan cairan mematikan kepada para narapidana calon-calon bakal penerima suntikan cairan tersebut. Ia merasa tertekan di setiap eksekusi akan berlangsung, hingga psikologisnya terganggu dan terdapat pergulatan batin.

Ada satu waktu ketika di mana ia ditemukan dengan salah seorang narapidana yang harus ia eksekusi dengan segera. Namun, ternyata dengan sang narapidana tersebut ia seakan-akan memiliki koneksi batin yang membuat ia begitu tertekan tak bisa membunuh narapidana tersebut. 

Karena dirinya yang sangat merasa begitu tertekan, hingga tak bisa dengan mudah membunuh sang narapidana yang telah dijatuhi hukuman mati, ratusan orang memprotes sebagai penolakan hukuman mati. Muncullah rasa tertekan dalam diri Bernadine yang semakin besar, hingga akhirnya ia memutuskan untuk melakukan beberapa hal.

Telah mendapatkan rating sebesar 97% dari 36 review dengan rata-rata 8.03/10 dari situs Rotten Tomatoes dan mendapatkan skor 76/100 dari Metacritic, film ini telah mendapatkan beberapa penghargaan dan masuk dalam beberapa nominasi.

Penghargaan yang didapatkan, seperti diantaranya dalam Pinkeson Award dalam kategori Best Local Festure di Philadelphia Film Festival tahun 2019 dan Grand Jury Prize dalam kategori Dramatic di Sundance Festival Film tahun 2019. Tak hanya itu saja, film Clemency ini telah masuk ke dalam tiga nominasi terbaik di tahun 2019.

Pasti penasaran bukan dengan hal apa yang akan dilakukan oleh Bernadine? Akankah ia terus berjibaku dengan hukuman mati yang mana ia sebagai salah satu ‘dalang’ untuk menyuntikkan cairan tersebut? 

Ikuti tulisan menarik Sinta Nurhikmah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB