x

Abdul Somad vs Said Aqil Siradj

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Rabu, 25 Desember 2019 20:05 WIB

Sindiran Keras Said Aqil: Tak Ikut Berjuang, Tahu-tahu Khilafah! UAS juga Khilafah

Fenomena Ustad Abdul Somad alias UAS amat menarik. Ia sebenarnya cukup dekat dengan tradisi Nahdlatul Ulama, baru-baru ini ia juga menyelesaikan program doktonya dengan disertai mengenai pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Sikap  NU
NU jelas bersikap mengakomodasi adanya negara nasionalis tapi tetap memegang teguh nilai-nilai keagamaan dan tak harus merujuk pada khilafah, yakni penerapan syariat dan kemimpinan model Islam.

Ketua Umum PBNU  KH  Said Aqil Siradj  mengatakan pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari, merupakan ulama pertama yang mencetuskan cinta Tanah Air pascabubarnya kekhalifahan Islam Turki Utsmani (Ottoman).

"KH Hasyim Asy'ari, kakeknya Gus Dur, begitu tahu kekhalifahan bubar, tidak ingin negara ini tanpa agama sampai mencetuskan 'hubbul wathan minal iman' atau cinta Tanah Air sebagian dari iman," ujar Said Aqil di  Jakarta Mei lalu, seperti ditulis oleh Antaranews.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketua Umum PBNU juga mengatakan umat Islam dulu memiliki kekuatan sentral di bawah kekhalifahan. Khalifah bertanggungjawab atas keberlangsungan hajat hidup umat Muslim sedunia. Namun seiring pergolakan politik, kata dia, kekhalifahan justru tumbang di tahun 1920-an. Sejumlah unsur umat Islam di berbagai belahan dunia kehilangan pemimpin sentral.

Efek dari berakhirnya kekhalifahan,  kata Said Aqil, juga berdampak terhadap Indonesia yang sedang ada di masa awal kemerdekaan. Jika keadaan dibiarkan bisa saja Indonesia ikut tumbuh sebagai negara yang sekuler atau memisahkan agama dari urusan kenegaraan.

KH Hasyim, menurut Said, terus menggelorakan "hubbul wathan minal iman" di berbagai tempat. Bahkan saat itu, belum ada satupun ulama termasuk di Timur Tengah yang memiliki wawasan cinta Tanah Air sebagian dari iman.

Selanjutnya:  Sindiran  untuk UAS

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu