x

Kolam renang di rumah Nick Jonas dan Priyanka Chopra. dirt.com

Iklan

ACADEMIC INDONESIA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 November 2019

Selasa, 31 Desember 2019 03:58 WIB

Pengalaman Pribadi; Tahap-tahap Pembuatan Kolam Renang Pribadi

Seperti yang kita ketahui bahwa kontraktor lebih dikenal menangani berbagai proyek properti yang berskala besar seperti pembangunan apartemen, kantor, kolam renang dan sebagainya dimana jasa profesional ini lebih dipercaya dibandingkan jasa pemborong karena telah memiliki sertifikasi resmi. Seperti jasa kontraktor kolam renang Jakarta yang berpengalaman.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang kita ketahui bahwa kontraktor lebih dikenal menangani berbagai proyek properti yang berskala besar seperti pembangunan apartemen, kantor, kolam renang dan sebagainya dimana jasa profesional ini lebih dipercaya dibandingkan jasa pemborong karena telah memiliki sertifikasi resmi. Seperti jasa kontraktor kolam renang Jakarta yang berpengalaman.

Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor Kolam Renang

Jasa kontraktor kolam renang Jakarta biasanyaa mempunyai tugas dan tanggung jawab baik itu perencanaan pembuatan kolam renang sampai kepada serah terima proyek dengan kondisi kolam renang yang sudha siap untuk digunakan. Maksudnya adalah kondisi air kolam renang sudah jernih, bersih dan siap untuk dilakukankegiatan berenang. Semua proses ini sangat terkait dengan proses pembangunan kolam renang yang menjadi tanggungjawabnya kontraktor kolam renang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semua badan usaha yang bergerak di bidang ini, pastinya sudah mahir bagaimana cara menyusun perencanaan termasuk masalah desain layout ataupun finishing. Meskipun demikian namun semua tergantung dari isi kesepakatan antara kedua belah pihak yang tertulis di surat kontrak.

Sangatlah wajar jika sebuah proyek yang dikerjakan oleh banyak kontraktor akan merekrut kontraktor lainnya. Karena memang sudah menjadi hak pemilik proyek untuk menggunakan banyak sub kontraktor. Selain itu tugas dari kontraktor ini juga memastikan semua yang sudah direncanakan berjalan sesuai dengan yang bahkan tertulis di surat kontrak kerja. Setiap tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh kontraktor dan sub kontraktor haruslah terealisasi Demi kenyaman bersama.

Tips Memilih Jasa Kontraktor Kolam Renang

Ada baiknya jika kontraktor yang anda pilih bukan hanya menentukan biaya pembangunan rumah tetapi juga memikirkan hasil akhir dari pengerjaannya. Meskipun kontraktor tersebut anda dapatkan berdasarkan rekomendasi dari orang-orang yang anda percaya, namun anda harus melihat cara kerja, sistem pembayaran, juga sistem pelaksaanaan proyeknya apakah sesuai dengan apa yang sudah anda rencanakan.

Tidak hanya itu saja, namun ada baiknya anda melakukan interview dengan para calon kontraktor dengan menanyakan beberapa hal berikut agar anda tidak menyesal di kemudian hari, antara lain:

Jenis Proyek yang Sudah Ditangani

Jasa kontraktor kolam renang misalnya memang sudah terpercaya secara resmi dimana para pekerjanya merupakan para tenaga ahli yang pasti ahli di bidangnya. Meskipun demikian, anda harus tetap menyesuaikan profil proyek yang telah ditangani oleh calon kontraktor sesuai dengan konsep kolam renang atau bangunan ynag anda inginkan. Ketika sudah sesuai maka perhatikan bagaimana mutu dari hasil kerja kontraktor.

Lama Pengerjaan Setiap Proyek

Bukan hanya melihat rekam jejak proyek kontraktor tersebut, namun pastikan juga apakah pihak kontraktor kolam renang akan menyelesaikan proyek secara tepat waktu atau sesuai periode yang sudah tertulis dalam perjanjian di kontrak kerja. Jika terdapat perpanjangan waktu maka ketahuilah apa penyebabnya lebih jelas, apakah semuanya dikarenakan oleh kendala di lapangan, kondisi cuaca, atau minimnya ketersediaan material. Hindari kontraktor yang suka memperpanjang waktu pelaksanaan proyek yang diakibat kan oleh efisiensi kerja yang kurang maksimal.

Sistem Perjanjian Pelaksanaan Proyek

Sebelum melakukan pelaksanaan proyek maka kesepakatan harus perlu dilakukan baik antara penyedia jasa kontraktor dan penggunanya yang berlangsung melalui perjanjian kerja atau kontrak kerja. Hal-hal yang disepakati biasanya akan mencakup: lingkup pengerjaan proyek, jangka waktu proyek, biaya, sistem pembayaran, serta konsekuensi pelanggaran perjanjian.

Sistem Pembayaran Proyek

Sebagai informasi bahwa terdapat dua jenis sistem pembayaran kepada jasa kontraktor, yaitu pembayaran bertahap dan sistem cost and fee. Dalam sistem pembayaran bertahap, maka terdapat 4 tahapan pembayaran kontraktor. Mulai dari pemberian (DP) senilai 20-30 persen dari total biaya, tahap kedua yaitu saat proyek sudha mencapai 50 persen selesai hingga ke pelunasan akhir yaitu ketika proyek sudah sepenuhnya selesai.

Sementara itu, kontraktor mempunyai hak untuk mengendalikan secara penuh pengelolaan keuangan proyek untuk sistem cost and fee, dan anda sebagai sebagai pengguna jasa hanya perlu membayar anggaran yang sudah ditetapkan di setiap bulannya.

Bentuk Garansi Yang Diberikan

Penyedia jasa kontraktor profesional dan berpengalaman biasanya akan memberikan garansi dalam perjanjian kerja. Garansi tersebut dapat digunakan ketika terjadi kerusakan pada bangunan setelah proyek diselesaikan oleh kontraktor.

Alasan Menggunakan Kontraktor Profesional

Jika anda ingin membuat kolam renang dan ingin menggunakan jasa kontraktor maka itu adalah pilihan yang sangat teoat, alasannya adalah untuk meminimalisir setiap kerugian ketika membangun kolam renang. Hal lainnya mengapa harus menggunakan jasa kontraktor kolam renang dalam pembuatan kolam renang.

Karena anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk menjadi mandor, mengawasi pekerja, membeli material dan sebagainya. Karena kontraktor tersebut dapat membantu anda dengan Segala pekerjaan-pekerjaan ini, sebab mereka sudah terlatih untuk itu.

Tahap Pembuatan Kolam Renang oleh Jasa Kontraktor Jakarta

Renang adalah salah satu jenis olahraga yang menyehatkan dan disenangi oleh banyak orang. Tidak heran jika kolam renang menjadi tempat yang selalu ramai khususnya di kawasan wisata. Dengan banyaknya orang yang senang berenang maka semakin banyak juga munculnya pembuatan kolam renang, dimana kini sudah banyak hadir jasa pembuatan kolam renang yang pastinya akan memudahkan masyarakat untuk memiliki kolam renang seperti yang diinginkan.

Penting bagi kita untuk mengetahui tahapan pembuatan kolam renang supaya anda juga bisa mengawasi jalannya pembuatan kolam renang dan progresnya. Di bawah ini adalah tahapan membuat kolam renang, antara lain:

  1. Menggali tanah. Menggali tanah adalah tahapan penting ketika membuat kolam renang. Supaya hasil penggalian tepat sesuai dengan ukuran yang diinginkan maka pastikan menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang sudah berpengalaman.
  2. Pemasangan batu bata. Supaya kolam renang semakin kokoh dan berkualitas, maka ada baiknya menggunakan batu bata juga pasir yang berkualitas tinggi. Janganlah memilih material dengan harga yang murah karena pasti menjamin kualitasnya untuk kolam renang Anda.
  3. Tahaona selanjutnya adalah tahap pembesian. Anda dan jasa kontraktor kolam renang Jakarta harus mempertimbangkan kondisi tanah. Karena kondisi tanah yang akan digunakan untuk membuat kolam renang haruslah stabil agar tidak 2 kali kerjaan.
  4. pengecoran ini dapat dilakukan dalam satu kali dan tidak harus membuat pengecoran sambungan, namun sebaiknya pilihlah material pengecoran yang bermutu. Pastikan pihak jasa kontraktor kolam renang kolam renang mengecek kembali secara detail hasil pengecoran untuk memastikan tidak ada bagian yang keropos
  5. Plesteran kolam renang yang sudah dilakukan pengecoran sangat penting supaya kolam renang kuat menahan air.
  6. Melakukan Waterproofing supaya kolam renang tidak mudah bocor dan retak meskipun harus menahan air dalam jumlah banyak.
  7. Selanjutnya adalah pmasangan keramik yang bertujuan untuk memperindah kolam renang.

Terakhir adalah pengisian air yang dilakukan ketika semua tahap pembuatan kolam renang selesai dan kolam renang siap untuk digunakan. Namun sebelum digunakan, kolam renang juga akan dilakukan penjernihan. Demikianlah penjelasan mengenai jasa kontraktor Jogja serta tahap pembuatan kolam renang yang anda harus ketahui.

 

Ikuti tulisan menarik ACADEMIC INDONESIA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler