x

Pro-kontra khilafah

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Rabu, 1 Januari 2020 08:02 WIB

2020, Isu Khilafah Terus Bergulir: Muwafid Bilang Produk Gagal, UAS Surut?

Isu sensitif khilafah diprediksi akan terus menjadi perbincangan pada 2020. Kelompok pro ide ini masih banyak kendati organisasi masyarakat Hizbut Tahrir Indonesia –penyokong utama gagsan tersebut--telah dicabut status badan hukumnya oleh pemerintah .

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berikut  ini petikan ceramah UAS 2017:

  • "Penceramah kondang, berapapun jam terbangnya, tidak bisa mengubah apa-apa.  Saya capek lah. Saya dari  2009 sampai 2013 ini menjadi komisi pengembangan di  badan amil zakat  Riau.. Masuk kantor ke luar kantor…’ Wahai kaum muslimin….bayarlah zakat..tunaikan zakat.”….  Tapi habis sosialisasi,  pegawai bilang: 'Pak Ustad, kami tidak bisa membyar zakat karena gaji kami habis dipotong bank…'
  • .....Oleh sebab itu….solusi umat ini hanya satu. Apa itu? Khilafah… Tegaknya khilafah, maka selesailah masalah. "

Hanya, setidaknya sejak tahun 2018,  UAS sudah  tidak tampak menyebutkan “khilafah sebagai  solusi satu-satunya”.  Dalam ceramah  UAS   yang diunggah di youtube pada 25 Juli 2018, misalnya, pendapatnya mengenai  khilafah  sudah agak bergeser. Berikut petikannya ketika ia menjawab sebuah pernyataan jamaah mengenai  khilafah:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Khilafah itu politik Islam.  Ada namanya fiqih Islam, di dalamnya  ada ibadah: sholat, zakat,..puasa, haji. Ada namanya muamalah: gadai menggandai, pinjam memimpjam, utang piutang. Ada yang namanya  nikah: talak, rujuk..  Ada namaya siasah, khilayah, imamah… Islam punya politik.  Jadi Islam itu bukan sekedar akhlak:  tempeleng pipi kanaan, berikan pipi kirimu…  Jadi Islam itu ada politiknya, bagaimana mengangkat pemimpin. Itu namanya khilafah

UAS juga pernah bertemu dengan  Din Syamsuddin di Jakarta pada, 3 November 2018.  Saat itu  Din menyatakan  prihatin terhadap  penghadangan yang menimpa UAS. “Saya sudah mengikuti apa yang disampaikan Ustad Abdul Somad. Beliau menjelaskan khilafah dari Alquran. Beliau ahli hadits.”ujar Din.

 

Selanjutnya:  ...terus melawan

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu