x

Resolusi Keuangan 2020

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 2 Januari 2020 18:50 WIB

5 Resolusi Keuangan 2020 yang Perlu Kamu Tahu

Resolusi keuangan ini penting agar kehidupan di 2020 ini akan lebih bermakna tanpa tersandera masalah keuangan lagi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kamu mengalami kesulitan keuangan pada 2019 lalu sehingga tidak bisa menikmati hidup? Saatnya di awal tahun ini membuat resolusi terkait duit agar sepanjang 2020 benar-benar bisa menikmati hidup.

Dari banyak daftar resolusi yang kamu buat, jangan pernah abaikan resolusi yang satu ini, yakni resolusi keuangan. Resolusi keuangan ini penting agar kehidupan di 2020 ini akan lebih bermakna tanpa tersandera masalah keuangan lagi.

Resolusi keuangan akan mendorong kita untuk mengelola keuangan dengan bijaksana sehingga keuangan akan teralokasi dengan tepat di pos-pos yang diinginkan. Tak hanya di pos-pos yang tepat, tetapi juga benar-benar bermanfaat untuk kehidupan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini 5 opsi resolusi keuangan 2020 yang perlu kamu tahu untuk hidup yang lebih baik di 2020.

1. Konsisten dengan Budget
Kalau selama ini belum terbiasa membuat budget keuangan, awal tahun ini adalah momen yang tepat untuk mulai membuat budget keuangan. Mengelola keuangan berdasarkan budget untuk setiap pengeluaran akan membuat keuangan menjadi sehat. Pengeluaran pun menjadi lebih terkendali dan tidak hanya berdasarkan keinginan semata, tetapi berdasarkan kebutuhan. Dalam banyak kasus tidak sedikit yang menyepelekan budgeting, padahal budgeting bisa menjadi sara efektif untuk mengontrol setiap pengeluaran. So, disiplin dengan budget adalah kunci kesehatan keuangan.

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu
Apakah kamu termasuk orang yang biasa telat bayar uang tagihan pada 2019 lalu? Jangan ulangi kesalahan yang sama pada 2020 ini. Telar bayar tagihan sama saja menambah beban keuangan karena sama saja menambah jumlah utang. Tagihan yang tidak dibayar tepat waktu biasanya menimbulkan utang berjalan dengan nominal yang tinggi. Apalagi saat ini sudah eranya menikmati utang secara online dengan mudah. So, bayar tagihan tepat waktu penting biar keuangan di 2020 benar-benar sehat.

3. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak
Kartu kredit itu bermanfaat jika berada di tangan yang tepat. Karena itu, tak ada yang melarang penggunaaan kartu kredit. Masalahnya, tidak sedikit yang mengganggap kartu kredit itu sebagai pendapatan tambahan sehingga banyak yang menggunakannya tanpa pikir panjang. Tagihan yang dikirim belakangan kerap membuat si pengguna shock dengan tingginya tagihan. Selanjutnya kalau tidak sanggup melunasi tepat waktu maka lagi-lagi berlaku bunga berjalan yang bakal menggemukkan jumlah utang. So, gunakan kartu kredit dengan bijak alias aji mumpung.

4. Cari Penghasilan Tambahan
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan, tidak ada salahnya jika melihat peluang baru untuk mencari penghasilan tambahan. Apalagi saat ini sudah serba online. Penghasilan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama perlu dicermati, entah sebagai youtuber, gamers, kelola toko online dan masih banyak lagi. Penghasilan tambahan tentu akan meningkatkan kesehatan keuangan.

5. Menabung dan Investasi
Menabung mungkin menjadi menjadi kebiasaan, tapi bagaimana dengan investasi? Sudahkah berpikir untuk melakukan investasi? Awal tahun adalah saat yang tepat untuk memulai investasi untuk kesehatan keuangan di 2020 ini. Investasi wajib direalisasikan pada 2019 ini. Investasi jangan melulu hanya wacana semata. Toh, investasi sudah gampang dilakukan secara online, semisal investasi reksa dana di platform IPOTFUND, yang akan membuat keuanganmu menjadi sehat. Tak melulu mudah, investasi reksa dana ini sangat terjangkau. Dengan modal Rp.100.000,- siapa pun sudah bisa investasi di supermarket reksa dana online semacam ini.

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu