x

Banjir Jakarta 2020

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Jumat, 3 Januari 2020 07:59 WIB

Gawat, Konflik Basuki-Anies Rupanya Bikin Normalisasi Sungai Terhenti Sejak 2018

Debat kusir antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono jelas kurang wajar. Apalagi hal itu terjadi ketika masyarakat sedang bergulat dengan bencana banjir.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa rencana 2020
Bambang Hidayah mengatakan pihaknya akan melakukan normalisasi dan naturalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 1,5 kilometer pada 2020.  "Lokasinya ada di Pejaten Timur, Jakarta Selatan," kata Bambang , 12 September 2019.

Anggaran proyek itu kecil,  sebesar Rp 26 miliar. Adapun normalisasi sungai Ciliwung sepanjang 17 kilometer  masih menunggu pembebasan lahan yang akan dilakukan Pemerintah DKI Jakarta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Soal pembebasan lahan itu tampak juga akan tertunda lagi. Pemerintah DKI  sempat menyiapkan anggaran sekitar Rp 160 miliar.  Tapi karena APBD 2020 terancam defisit, anggaran itu dicoret. Dengan kata lain tak ada lagi normalisasi sungai besar-besaran hasil kolaborasi pemerintah pusat dan daerah pada 2020 ini.

Apa yang dilakukan Gubernur Anies
Sejak 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melontarkan  konsep naturalisasi sungai bisa dikerjakan di Jakarta. Anies mengatakan konsep tersebut sudah bisa direalisasikan di Singapura.

"Baiknya lihat beberapa contoh proyek yang sebelumnya beton lalu menjadi natural. Paling mudah di Singapura, lihat situ aja," kata Anies , Oktober 2018.  Konsep ini kemudian diterapkan dengan mengeluarkan Peraturan  Gubernur no 31/2019 yang diterbitkan pada Maret tahun lalu.

Selanjutnya: Masalahnya proyek...

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu