Ria Irawan Berpulang: Pernah Dikirimi Bunga, Inilah Rahasianya Kagumi Jokowi - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Ria Irawan

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Senin, 6 Januari 2020 07:23 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Ria Irawan Berpulang: Pernah Dikirimi Bunga, Inilah Rahasianya Kagumi Jokowi

    Aktris Ria Irawan meninggal pada Senin pagi, 6 Januari 2020. Berita duka ini pertama kali datang dari sutradara Ernest Prakasa. Ria berpulang pada usia 50 tahun setelah berjuang melawan kanker.

    Dibaca : 6.832 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Aktris Ria Irawan meninggal pada Senin pagi, 6 Januari 2020. Berita duka ini pertama kali datang dari sutradara Ernest Prakasa.  Ria berpulang pada usia 50 tahun setelah berjuang melawan kanker.

    "Baru dapat kabar dari Mbak Dewi Irawan, Mbak Ria Irawan tersayang sudah berpulang. Selamat jalan Mbak Ria yang baik..," tulis Ernest  Prakasa di media sosial.

     

    Ria yang bernama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan itu meninggal setelah divonis menderita kanker endometrium bebepa tahun lalu.   Perempuan kelahiran 24 Juli 1969 ini  sempat dinyatakan sembuh setelah menjalani berbagai pengobatan, seperti kemoterapi dan radiasi.

    Aktris ini sudah berakting sejak kecil lewat film Sopir Taxi (1973), yang dibintangi Bambang Hermanto dan Dien Novita.  Ia juga mendapat lagi peran sebagai figuran dalam film Belas Kasih, kali ini figuran dengan dialog.

    Bakat aktingnya yang menonjol mulai terlihat dalam  film Kembang Kertas (1984). Di film berikutnya,  Bila Saatnya Tiba (1985), Ria bahkan meraih nominasi Festival Film Indonesia 1986 sebagai Aktris Pendukung Terbaik.

    Ria akhirnya berhasil memenangkan Piala Citra lewat film yang juga dibintangi oleh Mathias Muchus dan Meriam Bellina, yakni Selamat Tinggal Jeanette (1987) sebagai Pemeran pendukung wanita Terbaik di FFI 1988. Di Festival Film Indonesia 2006 dirinya kembali mendapat nominasi Aktris Pendukung Terbaik lewat film Berbagi Suami (2006).

    Pernah dikirim bunga oleh Jokowi
    Ria Irawan  pernah mendapat kiriman bunga dari Presiden Jokowi dan keluarga. Kiriman bunga anggrek putih itu datang pada Selasa, 10 September 2019. Paket bunga itu divideokan dan kemudian diunggah di akun Instagramnya.

    "Dapat kiriman bunga dari Presiden Joko Widodo dan keluarga untuk ibu Chandra Ariati Dewi yang dikenal Ria Irawan. Terima kasih Pak Jokowi untuk bunganya, terima kasih keluarga Pak Jokowi untuk bunganya. Semoga Ria tetap semangat berobat dan kembali beraktivitas. Terima kasih ya, Pak," terdengar suara pria yang membacakan kiriman paket itu. Kemungkinan yang membacakan paket itu Mayky Wongkar, suami Ria.

    Sebelumnya, pesinetron Aldi Taher meminta Jokowi untuk membesuk Ria, yang kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta sejak 1 September 2019. Aldi beralasan, kedatangan Jokowi akan menyuntikkan semangat bagi Ria, sebagai pendukung dan pengagum Jokowi, untuk sembuh melawan penyakit kanker kelenjar getah bening yang sekarang menyebar ke otak dan paru-paru itu.

    "Doa gue, semoga Pak Jokowi mau jenguk Kak Ria, karena dia ngefans banget sama Pak Jokowi," tulis Aldi dalam unggahannya di Instagram, Ahad, 8 September 2019.

    Selanjutnya: menonton kampanye

    Ikuti tulisan menarik Dian Novitasari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.