x

Kasus Rynhard Sinaga

Iklan

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Selasa, 7 Januari 2020 07:21 WIB

Kisah Reynhard, Pemerkosa 190 Korban: Sudah Akui Sisi Gelapnya Saat di UI

Kisah Reynhard Sinaga, seorang mahasiswa asal Indonesia yang dihukum seumur hidup di Inggris amat mengagetkan. Ia terjerat kasus yang tidak lumrah, yakni pemerkosaan terhadap pria.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jejak  Reyhard
BBC Indonesia  kembali  melaporkan sisi kehidupan Reyhard, terutama saat di Indonesia. Menurut salah satu kawannya, 'Rey itu supel, ramah, dan menyenangkan'.  Salah satu teman kuliah, yang tidak mau namanya disebutkan, menuturkan Reynhard adalah sosok yang menyenangkan dan mampu menceriakan suasana di sela-sela tumpukan tugas. Reynhard juga, katanya, merupakah seorang yang pintar dan enak diajak bekerja sama.

"Saya mengenal Rey (panggilan teman kuliah kepada Reynhard) sebagai orang yang supel, ramah, mudah bergaul, menyenangkan untuk diajak bekerja sama misalkan dalam kelompok," katanya saat ditemui oleh BBC News Indonesia.

Ia juga mengatakan hingga kini masih terngiang-ngiang akan tawa Reynhard yang begitu berkesan, walaupun mereka jarang berinteraksi usai Reynhard melanjutkan studi di Inggris pada 2007.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

"Ketawanya sih yang paling saya ingat betul. Bahkan sampai sekarang saya sudah lama tidak bertemu tapi saya ingat betul gimana ekspresi dia pada saat ketawa bercanda, saya ingat," katanya.

BBC juga mengungkap  catatan di pengantar skripsi untuk  mendapatkan gelar sarjananya pada 2006 dari jurusan arsitektur  di universitas  ternama di Indonesia. Dalam catatan pengantar skripsinya, Reynhard menyampaikan terima kasih kepada banyak pihak mulai dari keluarga, kampus hingga teman kuliah lintas angkatan, di antaranya adalah seperti ucapan terima kasih kepada teman yang mengetahui 'sisi kelam' dirinya.

"Mami-mami peramalku .... (terima kasih atas sumbangan pikirannya buat skripsi ini) dan .... yang selalu meramalku dengan gratis dan tahu 'the dark side of me' everybody has his/her dirty laundry right? Haha.." tulis Reynhard.

Baca juga:
Mahasiswa Reynhard Gemparkan Inggris: Didakwa Perkosa 190 Korban, Divonis Seumur Hidup

 Reynhard juga mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang tidak disebutkan namanya karena selalu menemaninya selama menempuh studi arsitektur.

BBC News Indonesia telah mencoba untuk meminta tanggapan dari orang tua Reynhard, baik melalui pendekatan langsung maupun melalui telepon. "Saya tidak mau, tidak ya," kata ayahnya dengan suara pelan usai beribadah di Depok, Jawa Barat, Desember 2019. Belakangan, BBC mencoba sekali lagi, tapi  orangtua Reyhard  tetap menolak bicara.

Selanjutnya: Dari UI ke Manchester

Ikuti tulisan menarik Dian Novitasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB