Pemkot Jambi Mekarkan 6 Kelurahan Baru - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

PEMKOT JAMBI MEKARKAN 6 KELURAHAN BARU

djohan chan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 November 2019

Jumat, 10 Januari 2020 05:41 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Pemkot Jambi Mekarkan 6 Kelurahan Baru

    PEMKOT JAMBI MEKARKAN 6 KELURAHAN BARU

    Dibaca : 3.593 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Pemkot Jambi melakukan memekarkan 6 Kelurahan baru.

    Wakil Wali Kota Jambi dr. Maulana, di Kota Jambi, Senin, 06 Januari 2020,  menjelaskan bahwa, “Pemekaran 6 kelurahan itu ditetapkan berdasarkan surat keputusan Sekretaris Daerah Kota Jambi Nomor 187 tahun 2019.“  

    Pemekaran 6 kelurahan itu terletak di Kelurahan Kenali Asam Bawah, dimekarkan dengan satu Kelurahan Kenali Asam, termasuk dalam Kecamatan Kota Baru. Satu dari Kelurahan Talang Bakung, dimekarkan menjadi Kelurahan Bakung Jaya, termasuk dalam Kecamatan Paal Merah.

    Selain itu, Kelurahan Kenali Besar dimekarkan menjadi dua Kelurahan. Simpang Rimbo dan Kelurahan Kenali Kecil. Demikian dengan Kelurahan Bagan Pete, dimekarkan menjadi dua Kelurahan, Pinang Merah dan Talang Gulo, 4 Kelurahan ini masuk dalam kecamatan Alam Berajo.

    Selama ini, Kota Jambi memiliki 62 kelurahan dalam 11 kecamatan, namun seiring dengan mengingatnya jumlah penduduk dan wilayah pemukiman warga Kota Jambi yang kian meningkat, maka dari 62 kelurahan yang ada di Kota Jambi, kini menjadi 68 kelurahan.

    Sementara itu, Sekda Kota Jambi, Budidaya mengatakan, pemekaran 6 wilayah kelurahan yang baru ini masih diajukan ke DPRD, untuk proses penyusunan batas wilayah dan adminitrasi. Kemudian nanti ditunjuk siapa lurahnya.

    Budidaya juga menjelaskan, tentang fasilitas untuk kantor kelurahan yang baru ini, kemungkinan akan menyewa terlebih dahulu. "Karena anggarannya belum dibahas, berapa nilainya," kata Budidaya.

    Pemekaran kelurahan ini akan dibuatkan perdanya terlebih dahulu, setelah itu menunggu nomor induk dari Kemendagri. “Setidaknya pada tahun 2021 nanti, kantor Kelurahan yang baru ini bisa aktif,” kata dia.

    Di tempat terpisah, Kabag Pemerintahan Kota Jambi, Amin Qodri juga mengatakan, mengenai fasilitas perkantoran 6 Kelurahan itu memang membutuhkan anggaran. Untuk itu, “ Kami paling siapkan lahan terlebih dahulu,” kata Amin.

    Sekedar untuk diketahui. Di Kota Jambi terdapat 11 Kecamatan, terdiri dari ; 1,Telanaipura, memiliki 6 kelurahan, 2. Jambi Selatan, memiliki 5 kelurahan, 3. Jambi Timur, memiliki 9 kelurahan, 4, Pasar Jambi, memiliki 4 kelurahan.

    Nomor 5. Kecamatan Pelayangan, memiliki 6 kelurahan, 6. Danau Teluk, memiliki 5 kelurahan, 7. Kota Baru, memiliki 4 kelurahan, ditambah satu kelurahan pemekaran.

    Nomor 8. Kecamatan Jelutung, memiliki 7 kelurahan, 9. Alam Barajo, memiliki 5 kelurahan, ditambah 4 kelurahan pemekaran, 10. Danau Sipin, memiliki 5 kelurahan, 11. Paal Merah, memiliki 5 kelurahan, ditambah satu kelurahan pemekaran. (Djohan)



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.