x

Jatuhnya pesawat PS752

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Jumat, 10 Januari 2020 03:40 WIB

Jatuhnya Jet Penumpang, Iran Akui Salah Tembak dan Minta Maaf: Begini Kejadiannya

Konflik negara Iran dan Amerika Serikat sedikit mereda setelah Iran melancarkan serangan rudal ke basis militer AS di Irak pada 8 Januari lalu. Serangan itu sebagai pembalasan atas pembunuhan Jenderal Iran Qasem Soleimani oleh Amerika pekan lalu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rudal buatan Rusia
Sebelumnya, sikap pemerintah Ukraina sudah mencurigai insiden tersebut. Pemerintah Ukraina kini sedang menyelidiki apakah Iran secara tidak sengaja menembak jatuh sebuah pesawat sipil di dekat Teheran menggunakan rudal buatan Rusia.

Oleksiy Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan Ukraina, sebelumnya  mengatakan kepada media Ukraina bahwa para pejabatnya  berada di Iran  untuk menyelidiki  puing rudal atau bukti serangan roket.

"Serangan roket, mungkin  rudal Tor, adalah di antara teori yang memungkinkan, karena ada informasi di internet tentang  puing rudal yang ditemukan di dekat lokasi kecelakaan, " kata Danilov seperti diberitakan oleh Independet, Inggris.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Beberapa  hari  terakhir, setidaknya dua gambar puing rudal dari rudal Tor buatan Rusia  sempat  muncul di media sosial.  Rudal Tor buatan Rusia itu sangat efektif  digunakan untuk menembak pesawat di ketinggian rendah.  Kebetualn Ira pernah membeli  29 unit  rudal itu dari Moskow pada 2007.

Danilov mengatakan  Ukraina melihat  empat kemungkinan.  Tiga kemungkinan berkaitan dengan ledakan: kemungkinan  serangan rudal buatan Rusia, bom di pesawat  atau ledakan mesin yang dahsyat. Penyebab keempat yang mungkin adalah benda terbang atau pesawat tak berawak yang bertabrakan dengan pesawat, katanya.

Selanjutnya: sederet kejanggalan

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu