x

Misteri kematian Lina Jubaedah

Iklan

Andi Pujipurnomo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Oktober 2019

Jumat, 10 Januari 2020 07:47 WIB

Otopsi Kematian Lina: Ada Lebam, Karena Jantung atau Racun? Ini Tandanya

Langkah ini dilakukan setelah anak kandung Lina, Rizky Febian, melapor ke polisi. Kematian ibunya diduga tak wajar antara lain karena ada lebam di bibirnya. Lina meninggal mendadak pada Sabtu, 4 Januari 2020.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya



Dugaan penyakit jantung
Kepolisian menegaskan bawah otopsi sudah dilakukan di luar dan dalam tubuh jenazah Lina. Kepala Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga mengatakan, kegiatan otopsi  ini untuk mencari penyebab dari kematian

Menurut Kombes Saptono Erlangga, hasil otopsi tersebut segera diumumkan apabila tim penyidik telah rampung melakukan penyelidkan. Hasil otopsi tersebut akan mempengaruhi proses penyelidikan ke depannya.

Kasus Lina bisa  dimasukan dalam kategori kematian mendadak. Sempat ada dugaan bahwa  kematiannya  disebabkan oleh penyakit jantung. Dalam  bidang kedokteran, pernyakit ini  termasuk dalam gangguan   kardiovaskuler, yakni fungsi  pengaliran darah ke seluruh tubuh.

Kecurigaan seperti itu tidak terlalu keliru karena  kematian mendadak akibat gangguan sistem kardiovaskuler menempati urutan pertama sebagai penyebab (berkisar 60 persen kasus).

Tak hanya memeriksa organ tubuh (pemeriksaan dalam),  untuk menentukan penyebab kematian kerena  kardiovaskuler  perlu diperhatikan pula:  umur, jenis kelamin, pekerjaan, gaya hidup dan aktivitas sebelum kematian   Rekam medik juga diperlukan untuk membantu penentuan penyebab kematian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini contoh  laporn otopsi atau  visum et repertum  kematian yang disebabkan oleh penyakit  jantung.

  • Telah diperiksa sesosok jenazah pri/ wanita, panjang badan 165 cm, perawakan kurus,Hasil pemeriksaan luar ditemukan wajah tampak pucat, kelopak mata pucat terdapat warna kebiruan pada bibir dan ujung jari tangan,korban tampak kaku pada persendian lengan dan kaki.

    Hasil pemeriksaaan dalam dijumpai jantung tampak membesar, dan terlihat lebih gelap atau pucat kehitaman, pada otot jantungtampak bercak-bercak keputihan.

     Dari hasil pemeriksaan luar dan dalam dapat disimpulkanbahwa kematian disebabkan oleh matinya otot jantung (infark miokard) sebagai akibat penyakit jantung yang diderita sebelumnya

 

Selanjutnya: Tanda-tanda diracun..

Ikuti tulisan menarik Andi Pujipurnomo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB