x

Krisis Iran

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Minggu, 12 Januari 2020 10:02 WIB

Trump Bikin Gara-gara Lagi, Terang-terangan Sokong Pendemo Pemerintah Iran

Krisis politik kini terjadi di Iran menyusul insiden salah tembak terhadap pesawat penumpang Ukraina PS752. Ratusan mahasiswa berkumpul di beberapa titik pusat kota Teheran, Iran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Duta besar Inggris sempat ditangkap
Duta Besar Inggris untuk Iran, Robert Macaire, sempat ditangkap saat  bereda di  lokasi demonstrasi di depan Universitas Amir Kabir di Teheran, Sabtu 11 Januari.   Ia dianggap “menghasut” para pemrotes. Kantor berita Tasnim Iran mengatakan dia dibebaskan beberapa jam kemudian.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab,  mengatakan: "Penangkapan duta besar kami di Teheran tanpa alasan atau penjelasan adalah pelanggaran mencolok hukum internasional."

Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei memerintahkan penyelidikan terhadap Korps Penjaga Revolusioner Islam (IRGC) yang selama ini  tidak tersentuh.  Pasukan merekalah yang meluncurkan rudal yang menumbangkan Flight 752.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Komandan senior IRGC, Amir Ali Hajizadeh, secara terbuka mengakui bahwa dia tahu pesawat itu ditembak jatuh dengan segera, dan meminta pengampunan.   Ia  meminta maaf kepada bangsa di televisi dan mengatakan kelompok itu bertanggung jawab penuh, mengatakan ia berharap "Aku bisa mati" ketika ia mendengar tentang insiden itu.


Operator rudal yang bertindak sendiri karena "gangguan komunikasi" telah mengira Boeing 737 sebagai rudal jelajah yang menuju ke situs IRGC yang sensitif, dan hanya memiliki 10 detik untuk memutuskan apakah akan menembak, katanya.  Mereka  sebetulnya wajib melakukan kontak dan mendapatkan verifikasi. Namun ternyata, sistem komunikasinya mengalami beberapa gangguan.  (Dailymail|Guardian|AFP)

 

 

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB