x

Banjir Jakarta 2020

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Sabtu, 18 Januari 2020 08:49 WIB

Kawasan Hulu Kering, Baru Hujan Sebentar Jakarta Tergenang Lagi

Hujan memang mengguyur cukup deras pada Sabtu pagi ini, 18 Januari 2019. Tapi tidak ada banjir kiriman. Sungai-sungai dari arah Bogor tak mengirim banyak air.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Kemang tergenang
Beberapa titik di wilayah Jakarta Selatan juga tergenang  banjir  akibat hujan yang mengguyur pagi ini. Salah satunya di kawasan Kemang Utara IX, RT 1/ RW 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan yang telah terendam banjir hingga 60 cm.


"Banjir 30 Cm untuk wilayah Duren Tiga, tapi untuk ke tengahnya masuk Duren Bangka itu udah sampe 60 Cm," ujar anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Duren Tiga, Yudi, saat dihubungi, Sabtu (18/1/2020).

Yudi menyebut banjir tersebut menyebabkan lalu lintas menjadi terganggu. Kendaraan diimbau agar tak menerobos genangan air.

"Kalau perumahan di RT 1 ya masuk, cuma masih belum tinggi," katanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini, kata Yudi, belum ada warga yang diungsikan. Menurutnya, warga masih bertahan di rumah masing-masing>

Tak ada banjir kiriman


Banjir pagi ini jelas merupakan akibat hujan lokal karena tak ada kiriman dari Bogor.  Hulu kering. Kita lihat posisi hari ini  tingg muka iar Bendung Katulampa cuma 14 Cm dan Pintu Air Depok hanya  78 Cm.  Begitu pula Krukut Hulu, status juga hijau. Artinya normal.

Beberapa jam kemudian, menurut petugas di Katulampa, ketinggian di sana  sekitar 10 cm. "Masih aman, 10 cm. Sekarang kering, kita lagi pengurasan karena air langsung ke pintu penguras," kata Koordinator Sub-unit Pelayanan Ciliwung Katulampa, Andi Sudirman, Sabtu, 18 Januari 2018.

Dia mengatakan saat ini hujan tak terjadi di kawasan Bogor. Menurutnya, banjir yang terjadi di Jakarta dipicu hujan lokal. "Nggak ada hujan, sementara masih normal," ujarnya.

 

***

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu