x

Sunda Empire vs Keraton

Iklan

Anung Suharyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Oktober 2019

Sabtu, 18 Januari 2020 16:43 WIB

Dipimpin Nasri, Sunda Empire Terkait Keraton Sejagat: Ini Buktinya

Aneh tapi nyata, rupanya kelompok Sunda Empire alias imperium Sunda berkaitan dengan Keraton Agung Sejagat di Purwokerjo.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengakuan UPI
Dalam video dan foto-foto yang beredar di media sosial, kegiatan Sunda Empire itu diadakan di halaman depan Isola Kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Kegiatan besar itu digelar  pada  8 Maret 2017.

Dalam foto dan video tersebut, pimpinan dan anggota Sunda Empire mengenakan seragam militer, lengkap dengan baret dan tanda kepangkatan. Mereka membentangkan dua buah spanduk bertuliskan Sunda Empire - Earth Empire

Soal pemakaian fasilitas UPI itu diakui oleh Kepala Seksi Hubungan Eksternal Kelembagaan UPI Yana Setiawan mengatakan, UPI memegang teguh dan berpedoman pada empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Prinsip tersebut dikedepankan dalam tiap kegiatan yang diselenggarakan UPI.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Yana,  kelompok tersebut mengajukan izin peminjaman balai pertemuan untuk menggelar kegiatan. Namun, surat izin yang diajukan itu tidak mengatasnamakan Sunda Empire-Earth Empire. Mereka berkedok sebagai Panitia Pembangunan Kota Bandung."Jadi sudah saya cek di beberapa unit yang ada di UPI. Kepanitiaan yang dilakukan itu mengatasnamakan Panitia Pembangunan Kota Bandung,"  ujar Yana.

"Civitas akademika UPI baik itu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, organisasi mahasiswa, maupun pimpinan lembaga tidak terkait dengan organisasi Sunda Empire tersebut dan tidak ada keterlibatan civitas akademika dengan organisasi tersebut,"  katanya.

Kesamaan mimpi
Sunda Empire dan Keraton Sejagat memiliki kesamaan gagasan, yakni  mengimpikan sebuah kerajaan besar atau kekaisaran yang melampaui batas negara bangsa.  Dalih Keraton Sejagat, misalnya, kelompok ini merasa sebagai pewaris Majapahit.



Adapun dalih  Sunda Empire dipimpin Nasri Banks atas dasar prediksi bahwa  pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020. Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera. Nah,  negara-negara lain yang akan bergabung silakan mendaftar ke Sunda Empire.

Kedua kerajaan itu intinya sama: ingin mengklaim kekuasaan yang besar di dunia, termasuk menguasai Amerika.   Bahkan, Keraton Sejagat menyatakan markas pertahanan Amerika, Pentagon,  merupakan miliknya.

Selanjutnya : Nasib Sunda Empire

Ikuti tulisan menarik Anung Suharyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

40 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB