x

Ancaman virus

Iklan

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Selasa, 21 Januari 2020 11:35 WIB

Imlek Datang, Virus dari China Mengancam: Waspadalah, Menular Antar Manusia, Mematikan

Menjelang perayaan Imlek pada akhir pekan ini, masyarakat dunia diguncang oleh virus Corona dari Kota Wuhan, China yang semakin banyak memakan korban.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"Karena salah satu gejalannya adalah panas, gangguan pernapasan, yang paling awal yang bisa dideteksi adalah dengan thermal scan," kata Anung , 20  Januari 2020.

 

Anung menjelaskan agar para pelancong waspada terhadap gejala-gejala pneumonia akibat virus corona, seperti terjadinya penurunan kondisi yang cepat, sesak bahkan hingga tidak sadarkan dir. Ia menambahkan bahwa vaksin pneumonia yang ada di Indonesia tidak untuk mencegah virus corona yang baru terdeteksi ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bermula dari pasar

Wabah ini diduga berasal dari hewan di pasar , namun para pejabat dan ilmuwan masih belum dapat memastikan bagaimana virus ini menyebar.

Corona adalah kelompok virus yang menyerang manusia. Enam di antaranya telah diketahui, sebelum kemunculan jaringan terbaru virus itu di Wuhan belakangan ini. Salah satu tipe dari kelompok virus corona menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang menjangkiti 8.098 orang di China sejak wabah itu meluas pada tahun 2002.

Tercatat 774 orang meninggal dunia akibat virus tersebut. Terkait novel coronavirus, yaitu tipe terbaru yang terdeteksi di Wuhan, kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sementara menyatakan bahwa virus itu berasal dari hewan yang terinfeksi

Dalam kasus  virus Coran sekarang, dikhawatirkan pula akan menyebar luas dengan cepat. “Kita ingat  tentang SARS, itulah sumber ketakutan berasal. Namun kami kini lebih siap menghadapi penyakit semacam itu," kata  Josie Golding dari lembaga penelitian kesehatan berbasis di London, Inggris.

(BBCIndonesia |Guardian| Tempo)

 

Ikuti tulisan menarik Dian Novitasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB