x

Iklan

Sinta Nurhikmah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2019

Rabu, 22 Januari 2020 06:29 WIB

5 Fakta Menarik Film Mangkujiwo a.k.a Kuntilanak 3

Film trilogi Kuntilanak karya Azhar Kinoi Lubis kembali ditayangkan di layar lebar bioskop, pada akhir bulan tanggal 30 Januari 2020. Setelah sukses dengan menggarap Kuntilanak (2006) dan Kuntilanak 2 pada (2019), kini Mangkujiwo akan menampilkan sebuah cerita dari pengangkatan kisah kuntilanak selanjutnya. Dengan pemain dan sutradara yang berbeda, akan seperti apa ya kisahnya? 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Film trilogi Kuntilanak karya Azhar Kinoi Lubis kembali ditayangkan di layar lebar bioskop, pada akhir bulan tanggal 30 Januari 2020. Setelah sukses dengan menggarap Kuntilanak (2006) dan Kuntilanak 2 pada (2019), kini Mangkujiwo akan menampilkan sebuah cerita dari pengangkatan kisah kuntilanak selanjutnya. Dengan pemain dan sutradara yang berbeda, akan seperti apa, ya, kisahnya? 

Bersama dengan Djenar Maesa Ayu, Asmara Abigail, dan juga Sujiwo Tejo, kita simak terlebih dahulu yuk lima fakta menariknya berikut ini:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Asal usul munculnya Mangkujiwo

Selain akan mengupas asal usul tentang lahirnya kuntilanak dalam Kuntilanak 3, dalam film ini juga akan sedikit mengupas tentang asal usul munculnya si Mangkujiwo. Mangkujiwo hadir akibat dari adanya perseteruan antara dua tokoh keraton Brotoseno dan Cokrokusumo. Keduanya sendiri berseteru demi memperebutkan pengaruh dan juga kekuasaan atas Loji Pustaka.

2. Menggaet para penulis sastra

Jika biasanya Djenar Maesa Ayu dan juga Sujiwo Tejo dikenal dengan karya-karya sastranya, seperti novel dan puisinya yang apik, kini keduanya bermain dalam dunia peran. Djenar Maesa Ayu memang tak hanya sebagai penulis saja, tetapi juga sebagai produser, sutradara, dan kerap kali tampil di layar lebar, seperti Kartini (2017), Something in Between (2017), Keira (2018), dan masih banyak lagi. Bahkan Sujiwo Tejo pun juga telah mencatat banyak judul film dalam hidupnya, seperti Jani Joni (2005), Sang Pencerah (2010), Soekarno (2013), Kucumbu Tubuh Indahku (2019), Gundala (2019).

3. Menjadi pembuka Kuntilanak Universe

Sering disebut-sebut namanya dalam Kuntilanak 1 dan Kuntilanak 2, kini Mangkujiwo akan hadir dalam film Kuntilanak 3. Dalam film ini akan dikupas salah satu sekte atau sebagai dalang untuk munculnya kuntilanak. Mangkujiwo memang sempat ditayangkan pada beberapa film kuntilanak sebelumnya, dan di film yang ketiga ini akan lebih mengupas mengenai keterlibatan Mangkujiwo saat menciptakan Kuntilanak.

4. Menyuguhkan elemen Jawa kuno

Ditulis naskahnya oleh Dirmawan Hatta, Mangkujiwo akan menyuguhkan elemen Jawa kuno. Mulai dari unsur-unsur budaya dan juga kebiasaan yang dilakukan di Jawa, akan ditampilkan dalam film horor trilogi Kuntilanak 3. Seperti diketahui juga, bahwa unsur-unsur budaya Jawa memang sering dilekatkan dengan hal-hal mistis yang mencekam. Namun, dengan mengangkat unsur-unsur budaya di Jawa sendiri, kita turut serta memperkenalkannya ke khalayak luas.

5. Pergantian sutradara

Jika dalam penggarapan film Kuntilanak 1 dan Kuntilanak 2, Rizal Mantovani lah yang menjadi sutradaranya, di Kuntilanak 3 Azhar Kinoi Lubis yang dipilih. Karena kesuksesannya dalam film Kafir (2018) yang menuai banyak respon positif, Mas Kinoi sapaan akrabnya pun dipercaya telah bisa mengemas film horor dengan apik, ia diharapkan bisa menciptakan kesuksesan di film Mangkujiwo. 

Setelah mengetahui fakta menarik Mangkujiwo a.k.a Kuntilanak 3, semakin tertarik bukan? Jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan di bioskop ya!

Ikuti tulisan menarik Sinta Nurhikmah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler