Pantas Pak Menhan Kepincut Rafale, Keren dah Bro! - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 22 Januari 2020 14:33 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Pantas Pak Menhan Kepincut Rafale, Keren dah Bro!


    Dibaca : 1.842 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Lawatan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Prancis belum lama ini, membawa angin segar. Pemerintah berencana membeli sejumlah kendaraan tempur besutan Prancis. Ada pesawat tempur Dessault Rafale, Kapal Selam Scorpene, hingga kapal perang korvet GoWind.

    Mengutip laman Dassault-Aviation, sebagai dilansir CNN, Dessault Rafale yang dirancang sebagai pesawat tempur yang berpangkalan di daratan maupun kapal induk. Dassault Rafale didesain bersayap delta dipadukan dengan kanard (aeronautika) aktif terintegrasi, untuk memaksimalkan kemampuan manuver zero gravity atau G (+9 G atau -3 G) serta kestabilan terbang.

    Bahkan Dessault Rafale (Squall) juga bisa bermanuver hingga 11 G dalam keadaan darurat, dengan laju kecepatan pendaratan hingga 115 knot.

    Jet tempur Dessault Rafale disebut memiliki panjang 15 meter/tinggi 5 meter dan terbang perdananya pada tahun 1986 serta memiliki kecepatan maksimal 2.130 km per jam. Yang menarik, Rafale juga dilengkapi sistem bantuan-pertahanan terintegrasi bernama SPECTRA, yang bisa melindungi pesawat dari serangan udara maupun darat, dengan mengadopsi teknologi siliman virtual berbasis perangkat lunak.

    Kemampuan ini pernah ditunjukkan dalam sebuah pertempuran di Libya, di mana Rafale dapat melaksanakan misi secara independen untuk menghancurkan alat Pertahanan Udara Musuh (SEAD).

    Wajar ketika kemudian seorang Menhan, yang notabene sudah malang melintang di dunia pertahanan, berencana membeli Rafale.

    Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.