x

Iklan

Ryan putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2020

Senin, 27 Januari 2020 06:15 WIB

Wujud Partisipasi Kelompok KKN 07 pada MUSRENBANDES Desa Jambersari Kecamatan Poncokusumo Malang

Pendampingan masyarakat oleh kelompok 7 KKN UMM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kelompok KKN 07 UMM berpartisipasi dalam agenda Musyawarah Pengembangan Desa (MUSRENBANGDES). Agenda yang diadakan setiap tahun oleh desa Jambersari tersebut dihadiri oleh masyarakat desa, perwakilan kelompok KKN 07 UMM. 

Acara yang diadakan pada Senin 20 Januari 2020 tersebut berjalan lancar dan penuh hikmat. Acara tersebut bertempat di balai desa, dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Beberapa agenda yang dibahas, yakni evaluasi pembangunan desa serta Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Desa). Pada sesi evaluasi ini, dibahas oleh Bapak Imam selaku Kepala Desa Jambersari. Adapun yang dibahas adalah pertanggung jawaban program kerja serta anggaran dana desa yang telah dijalankan pada tahun 2019.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara pada RKP-Desa, pada 2020 dan 2021, melakukan pembahasan yg melibatkan masyarakat. Ini sekaligus jajak pendapat antara perangkat desa dengan para masyarakat desa yang hadir.

Kelompok KKN 07 UMM dibawah asuhan Bapak Drs. Moh. Jufri ST., MT, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ini, antusias mengikuti acara tersebut dengan penuh semangat.  Selanjutnya Moh. Jufri selaku DPL selalu menekankan agar peserta KKN 07 UMM selalu mencari potensi desa utk dikembangkan desa sbg wujud partisipasi.

Ryan, salah satu anggota KKN mengatakan bahwa, sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan, ini merupakan kesempatan yang baik baginya untuk berpartisipasi sekaligus belajar secara langsung mengenai usulan pengembangan program kerja desa. Jika di dunia akademik hanya belajar teori, maka pada tahap KKN, kita sudah bisa terjun secara langsung.

Begitupun juga dengan Ilham Akbar selaku Kordes, menjelaskan bahwa dengan adanya partisipasi kelompok KKN, secara langsung bisa sekaligus mengevaluasi, memberi saran, sekaligus masukan bagi proses kemajuan desa kedepannya.

Acara MUSRENBANGDES menghasilkan beberapa program kerja desa. Seperti dalam pembangunan fisik berupa jalan, jembatan, maupun drainase. Dalam segi pemberdayaan yakni di bidang kesehatan seperti pengentasan stunting.

Sementara di sisi lain, melalui evalusai kelompok KKN 07, bahwa program kerja desa belum menyentuh sisi pendidikan. Oleh karena itu, kelompok KKN 07 melakukan mengusulkan dan mengevaluasi pada pengembangan sektor pendidikan utamanya sektor pendidikan luar sekolah dg memanfaatkan semaksimal mungkin embung desa sebagai media belajar siswa di luar sekolah.

Sebagai bukti nyata partisipasi  KKN 07 UMM dengan turun secara langsung mengajar di sekolah. Hal tersebut dilakukan untuk membantu desa dalam pemberdayaan di bidang pendidikan.

Ikuti tulisan menarik Ryan putra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler