x

Klaim Gubernur Anies

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Minggu, 26 Januari 2020 18:47 WIB

Anies Berlebihan Banggakan Angka Kemiskinan: Data Ini Tunjukkan Prestasi DKI Buruk

Semua data itu benar. Tak ada yang keliru. Tapi kenapa seharusnya Gubernur DKI tak membanggakan data tersebut? Soalnya, kalau kita bongkar data BPS, penurunan angka kemiskinan di DKI sepanjang 2017 sampai 2019 justru di bawah angka rata-rata nasional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perbandingan dengan provinsi lain
Banyak sekali faktor  yang menyebabkan penurunan angka kemiskinan  di sebuah provinsi.  Tak cuma menggambarkan kinerja pemerintah daerah, tapi juga  pengaruh perekonomian nasional dan kebijakan pemerintah pusat. 

Itu sebabnya akan lebih fair jika kita bandingkan saja kinerja Pemda DKI dalam mengatasi kemiskinan dengan provinsi lain. Data ini justru menunjukkan sebaliknya. Kinerja pemda DKI dalam memerangi kemiskinan jauh tertinggal dengan provinsi lain dalam dua tahun terakhir.

Provinsi DKI tidak termasuk dalam 11 besar provinsi yang mampu mengurangi kemiskinan secara signifikan pada kurun 2017 hingga 2019. Rekor terbaik dipegang oleh Provinsi Gorontalo, diikuti oleh Jawa Tengah dan Papua Barat.

DKI kalah dengan provinsi-provinsi setara seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah yang sanggup menekan angka kemiskinan dengan persentasi penurunan di atas angka nasional 0,9 persen  selama dua tahun terakhir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lima terburuk Data menunjukkan bahwa  DKI  berada pada urutan 5 paling bawah dalam pengurangan angka kemiskinan dalam dua tahun terakhir.  Rekor paling buruk adalah Kalimantan Timur dengan hanya sanggup mengurangi 0,17 persen angka kemiskinan. Adapun DKI hanya bisa mengurangi 0,36 persen, jauh di bawah rata-rata angka nasional, 0, 9 persen.

 

Selanjutnya: pertumbuhan ekonomi

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

5 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB