8 RS Rujukan Pasien Terpapar Virus Corona, di Bandung Satu Orang Diduga Terkena - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Seorang petugas medis menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, Cina, Jumat 24 Januari 2020. FOTO/ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 27 Januari 2020 07:57 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • 8 RS Rujukan Pasien Terpapar Virus Corona, di Bandung Satu Orang Diduga Terkena

    Vensya Sitohang, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan Indonesia menyiagakan 100 rumah sakit di seluruh penjuru negeri untuk rujukan penyakit infeksi emerging, termasuk yang terpapar virus corona. Berikut delapan diantaranya

    Dibaca : 5.437 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Vensya Sitohang, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan Indonesia menyiagakan 100 rumah sakit di seluruh penjuru negeri untuk rujukan penyakit infeksi emerging, termasuk yang terpapar virus corona. Hal itu disampaikan Vensya dalam konferensi pers di gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

    Di Jakarta, misalnya, ada beberapa rumah sakit pelayanan paru yang dijadikan rujukan ketika ditemukan gejala-gejala penyakit yang disebabkan virus corona tersebut. Menurut Vensya, ada tiga rumah sakit yang dijadikan rujukan nasional, yakni, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan, dan RSPI Sulianti Saroso.

    Saat ini, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso mengisolasi satu pasien terduga terjangkit Virus Corona. Orang yang diduga alias suspect virus ini diketahui telah bepergian ke wilayah China dan pulang ke Indonesia pada Rabu (22/1).

    Namun belakangan disampaikan bahwa pasien berinisial R (35) tersbeut dinyatakan tidak terjangkit virus Corona. Hal itu dikatakan Direktur Medik dan Keperawatan RSPI Sulianti Saroso dr Diany Kusmowardhani. "Pasien tersebut bukan suspect nCoV. Hasil pemeriksaan PCR menunjukkan negative virus Corona," kata Diany saat dikonfirmasi, Minggu (26/1/2020).

    Laman CNNIndonesia.com telah menghimpun informasi dari berbagai sumber, dan berikut rumah sakit yang memiliki ruang isolasi untuk penyakit di paru-paru dan saluran pernapasan:

    1. RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo (Makassar, Sulawesi Selatan),
    2. RSUD Tulungagung (Tulungagung, Jawa Timur),
    3. RSUP Dr.Sardjito (Yogyakarta),
    4. RS Otorita (Batang, Kepulauan Riau),
    5. RSU Dr.Soetomo (Surabaya, Jawa Timur),
    6. RS Kariadi (Semarang, Jawa Tengah),
    7. RS St.Elisabeth (Semarang, Jawa Tengah)
    8. RSUD Blambangan Banyuwangi (Banyuwangi, Jawa Timur).

    Kemudian mengutip dari situs resmi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) ada beberapa rumah sakit di Jakarta dengan pelayanan paru. Meski ada beberapa yang tidak termasuk dalam rumah sakit rujukan infeksi emerging, tetapi untuk masalah berkaitan dengan paru, rumah sakit berikut bisa dijadikan rujukan.

    Humas RSHS Bandung, Reny Meisuburriyani, mengatakan manajemen rumah sakit akan memberi keterangan tentang pasien terduga virus corona tersebut pada Senin pagi 27 Januari 2020, ini.Rumah sakit dengan pelayanan paru yakni:

    1. RSUP Persahabatan,
    2. RSPAD Gatot Subroto,
    3. RS Polri Pusat Sukanto,
    4. Dinas Kesehatan DKI Jakarta,
    5. RSUD Koja,
    6. Direktorat Kesehatan Mabes TNI-AU,
    7. RS Pusat Pertamina,
    8. RS Fatmawati,
    9. RS Kanker Dharmais,
    10. RSUD Pasar Rebo,
    11. RS M.Ridwan Meureksa,
    12. RSUD Tangerang,
    13. RS Haji Jakarta
    14. RSUD Budi Asih.

    Berikutnya: Pasien Diduga Terpapar Corona di RS Hasan Sadikin Bandung



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.