x

Pemasangan pipa saluran air bersih di lokasi TMMD Imbangan 105 Mojokerto di Desa Kebontunggul Kec. Gondang Kab. Mojokerto

Iklan

Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Senin, 27 Januari 2020 19:32 WIB

Air Bersih untuk Warga Pulau Maratua

Akses air bersih bagi warga di kepulauan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tubuh manusia hampir 70% mengandung air. Kebutuhan air bagi tubuh manusia menjadi sangat penting, setiap harinya tubuh membutuhkan 2 liter air sehari. Kebutuhan akan air tidak hanya bagi tubuh secara langsung, namun juga lewat aktivitas sehari-hari seperti untuk memasak, mencuci pakaian, atau untuk produktivitas seperti pengairan bagi sawah dan perkebunan juga untuk peternakan.

Vitalnya air bagi kehidupan manusia ternyata tidak didukung oleh keteresediaan air bersih. Masih banyak daerah di Indonesia dimana akses terhadap air bersih cukup sulit, salah satu daerah tersebut ialah di Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Penduduk di salah satu pulau di Derawan tersebut yakni Pulau Maratua, masih krisis terhadap air bersih. Sumber air bersih yang ada di pulau itu hanya menyisakan dua titik sumur, dimana kapasitas sumur tersebut tidak mampu mencukupi kebutuhan 3.000 penduduk Pulau Maratua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk itu pemerintah Kabupaten Berau menjalankan program Abega atau air bersih untuk warga. Dimana pembangunan jaringan air bersih akan diintensifkan khususnya bagi daerah-daerah yang selama ini kesulitan air bersih.

Bupati Berau, H. Muharram sendiri, mencanangkan agar program Abega utamanya menyasar jaringan air Tanjung Redeb-Maratua-Derawan, dimana di daerah Maratua dan Derawan kebutuhan air bersih semakin mendesak, mengingat daerah tersebut menjadi destinasi wisata. Harapannya dengan program Abega maka kebutuhan warga Berau akan air bersih dapat teratasi.

Ikuti tulisan menarik Rizki Siahaan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler