Dampak Positif dari Menonton Anime - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Baca Komik

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2020

Selasa, 28 Januari 2020 06:20 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Dampak Positif dari Menonton Anime

    Dibaca : 497 kali

    Apakah kalian suka menonton anime? Padahal banyak orang bilang itu adalah tontonan untuk anak kecil. Ada juga yang bilang itu adalah kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan sangat tidak penting. Meski begitu, tenyata ada dampak positif dari menonton anime, lho.

    Nyatanya, anime bukan hanya tontonan anak kecil. Tidak sedikit dari kita yang sudah remaja dan dewasa pun masih suka menontonya dan bisa memberi manfaat bagi kehidupan kita. Baiklah, berikut adalah Dampak positif dari menonton anime.

     

    1. Mengajarkan Untuk Makan Sehat

    Rata-rata tokoh pada anime sangat suka makan banyak, hal ini dimaksudkan untuk mendidik generasi muda agar mau makan secara sehat. Kebanyakan dari kita dan anak-anak itu males makan sayur-sayuran atau buah-buahan. Yang remajanya juga terkadang cuma mau ngemil saja. Biasanya yang mengidolakan akan mau mengikuti kebiasaan yang diidolakannya. Kalau tokoh utama suka makan banyak secara sehat, mudah-mudahan yang mengidolakan juga mau mengikuti kebiasaaan makan secara sehat.

     

    2. Pentingnya Berlatih Keras

    Berlatih keras untuk meraih cita-cita. Makan itu bermaksud untuk mendapatkan tenaga. Dan tenaga dimaksudkan untuk berusaha, bekerja, berlatih, dan lain sebagainya. Agar dapat meraih cita-cita, tidak hanya dibutuhkan doa, tapi juga usaha yang gigih. Pada setiap anime, sang tokoh pada umumnya harus berusaha keras untuk mencapai seperti apa yang diharapkannya. Mereka selalu gagal, tapi mereka selalu mencoba untuk bangkit kembali. (Sebagai contoh: Naruto, Luffy, Natsu, dll) Semangat seperti inilah yang harus kita tiru.

     

    3. Mengajarkan Arti Kehidupan Yang Sesungguhnya

    Saat-saat yang paling kita tunggu ketika menonton anime adalah, saat dimana kata-kata mutiara / kata bijak langsung melesat keluar dari sang tokoh pada anime. Di sini terbukti bahwa anime tidak hanya sebagai hiburan semata, tapi juga mengajarkan kita arti kehidupan yang sesungguhnya.

     

    4. Secara Tak Langsung Memberikan Pesan Moral

    Selain sebagai hiburan salah satu dampak positif dari menonton anime adalah, kita juga mendapatkan pesan moral. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan sinetron Indonesia. Yang terkadang suka membuat kita kesal dan cenderung memberikan efek buruk untuk adik-adik kecil kita.

     

    5. Mengajarkan Kekuatan Sebuah Impian, Harapan, dan Keinginan

    Kebanyakkan dari kita pasti sangat takut bermimpi. Sebagai contoh, setiap kita punya impian (ingin punya itu, pergi ke mana, dengan siapa) kita perlahan menguburnya dalam-dalam. Menyalahkan keadaan, umur, takdir, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, kebanyakkan dari anime secara tidak langsung mengajarkan kepada kita untuk terus kuat dan jangan pernah menyerah pada impian kita.

    Saat sang tokoh memiliki impian, dia akan menyatakaanya dengan bangga tanpa memikirkan apa kata orang lain, atau orang yang tidak ingin mendungkungnya. Yang artinya rata-rata anime mengajarkan kepada kita untuk jangan pernah menyerah pada impian kita sendiri.

    Baiklah, itu dia beberapa dampak positif yang bisa kita ambil dari menonton anime. Tapi selain dampak positif ada juga dampak negatif dari menton anime. Di sini kita harus pinta-pintar memilih mana yang baik ditiru dan tidak. Berbicara tentang anime, kalian termasuk golongan anime batch atau orang yang langsung menontonya saat sebuah musim baru anime datang? Jangan sungkan untuk berkomentar yah.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.