x

Iklan

Putu Suasta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2019

Selasa, 28 Januari 2020 11:30 WIB

Pelajaran Berharga dari Wabah Virus Corona

Masyarakat mesti diberi pecerahan tentang pentingnya budaya hidup sehat dengan mengonsumsi binatang-binatang yang diternakkan dengan benar. Masyarakat yang sehat tentu akan lebih kuat menghadapi serangan penyakit apapun.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

*Putu Suasta, Alumnus Fisipol UGM dan Cornell University

 

Laporan terbaru South China Morning Post menyebutkan bahwa virus baru yang diberi nama corona telah menelan korban jiwa 106 orang dengan jumlah pasien yang terdeteksi positif terinfeksi sebanyak 4559 orang di lebih dari 5 negara. Bahaya virus ini dan kecepatan penyebarannya sungguh mengerikan. Sebagai gambaran, pemerintah China sekarang menerapkan kebijakan karantina (menutup akses keluar-masuk) di Wuhan dan beberapa kota lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sumber: South Morning China Post

Mengingat kepadatan kota-kota di China dalam kunjungan singkat akhir tahun lalu, tak berlebihan rasanya mengatakan bahwa China menorehkan sejarah baru dengan melakukan karantina terbesar dalam sejarah. Kota-kota metropolit itu dihuni lebih dari 10 juta jiwa dan belum ada satupun negara di dunia pernah melakukan karantina untuk penduduk sebesar itu.

CNN Internasional memperkirakan sekitar 30 juta penduduk terdampak oleh karantina tersebut dan menguatkan dugaan, inilah karaktina terbesar dalam sejarah. Untuk menyukseskannya, tentu butuh logistik, sumber daya manusia dan biaya sangat besar. Kebijakan tersebut menyadarkan kita betapa serius ancaman wabah baru ini sehingga pemerintah China menempuh langkah yang sangat beresiko dan akan menelan kerugian raksasa.

Sumber: CNN News

Di luar ancaman virus tersebut dari segi medis, kegemparan di seluruh dunia yang disebabkannya tak kalah mengerikan dan mesti juga diantisipasi serius. Sangat disayangkan bahwa sejumlah media beradu cepat melaporkan segala hal yang berkaitan dengan wabah tersebut tanpa benar-benar menguji validitas isi berita.

Tak sedikit media berbahasa Inggris yang turut menyebarkan teori-teori konspirasi yang kemudian diviralkan di media sosial. Sebagian menyebarkan kembali berita dan vidio-vidio lama, baik untuk mendukung teori konspirasi maupun untuk mendiskreditkan RAS tertentu. Indonesia berada di urutan terdepan dalam praktek memalukan ini. Catatan Drone Emprit memperlihatkan bahwa jumlah pembicaraan tentang coronavirus di media-media sosial Indonesia, melebihi jumlah pembicaraan dengan topik serupa di negara manapun. Sebagian besar isi pembicaraan tersebut adalah isu-isu konspirasi dan banyak dibalut dengan sentimen-setimen rasial.

Data percakapan di media sosial tentang coronavirus (sumber: akun twitter @Ismailfahmi)

Meningkatkan kewaspadaan tentang penyebaran virus tersebut memang sangat penting, tapi membanjiri ruang publik dengan teori-teori konspirasi dan hoaks dapat memicu kepanikan yang daya rusaknya bisa lebih parah dari virus itu sendiri. Karena itu, sudah saatnya pemerintah mengambil langkah serius untuk melakukan pencerahan kepada publik, termasuk menginformasikan langkah-langkah antisipasi yang harus dilakukan.

Momentum ini juga perlu digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Betapapun topik ini terdengar klise, kebijakan pemerintah China melarang perdagangan binatang-binatang liar patut ditiru di Indonesia dengan pelaksanaan aturan serupa lebih ketat. Kendati para ahli belum sepakat, dugaan sementara virus tersebut berasal dari salah satu pasar binatang liar di Wuhan.

China memang telah lama terkenal sebagai pusat kuliner makanan-makanan eksotis seperti ular, kura-kura, tikus, beruang dan berbagai hewan liar lainnya. Praktek ini kemungkinan besar akan segera berakhir dan kita berharap kelestarian alam akan semakin terjaga ke depan.

Indonesia sebagai salah satu negara paling kaya di dunia dari segi keragaman fauna telah lama dikritisi karena masifnya perburuan hewan-hewan liar yang menjadi santapan para penikmat kuliner eksotik. Maka pemerintah semestinya menggunakan momentum ini untuk lebih serius mensosialisasikan pentingnya kelestarian alam dan memperketat pelarangan perburuan dan perdagangan binantang-binatang liar.

Masyarakat mesti diberi pecerahan tentang pentingnya budaya hidup sehat dengan mengonsumsi binatang-binatang yang diternakkan dengan benar. Masyarakat yang sehat tentu akan lebih kuat menghadapi serangan penyakit apapun.

Ikuti tulisan menarik Putu Suasta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB