x

Iklan

Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Rabu, 29 Januari 2020 06:28 WIB

Tradisi Adat Pesta Meja Panjang di Berau

Mari merasakan pengalaman mengikuti tradisi adat Pesta Meja Panjang masyarakat Dayak di Berau

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia adalah rumah bagi beragam suku dan kebudayaan. Dimana tiap-tiap suku memliki tradisi tersendiri yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Namun, pernahkah kamu merasakan pengalaman mengikuti tradisi adat? Khususnya adat suku Dayak? Bila belum mungkin kamu bisa datang ke Berau tepatnya di Kampung Merasa Kabupaten Berau Kalimantan Timur disana kamu bisa merasakan keseruan dan kehangatan tradisi adat Pesta Meja Panjang.

Tradisi Pesta Meja Panjang sendiri adalah tradisi yang sudah berlangsung secara turun-temurun dimana seluruh warga di Kampung Merasa akan menyajikan makanan di atas meja panjang di depan rumahnya masing-masing, lalu tiap-tiap warga akan saling berkunjung ke rumah tetangga lainnya untuk mencicipi makanan yang ada. Makanan yang disajikan pun bebas dimakan siapa saja.

Selain mempertahankan tradisi dan budaya Dayak, tradisi Pesta Meja Panjang ini juga menyimpan nilai-nillai luhur seperti semangat kebersamaan, gotong-royong dan juga toleransi. Untuk itu Bupati Berau H. Muharram menginginkan agar tradisi ini bisa berjalan terus di tengah perubahan zaman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari laman disbudpar.berau.go.id, Bupati Berau H. Muharram menekankan dukungan Pemerintah Kabupaten Berau terhadap tradisi Pesta Meja Panjang, “Pemkab Berau mendukung tradisi warga masyarakat Dayak agar tradisi ini bisa mendunia.” Tradisi Pesta Meja Panjang sendiri telah masuk kalender wisata tahunan Pemerintah Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur.

Jadi bagi kamu yang ingin merasakan keseruan dan kehangatan dan juga pengalaman tradisi adat Dayak, jangan ragu untuk datang ke Berau.

 

Ikuti tulisan menarik Rizki Siahaan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler