x

ilustr: sukowaspodo.blogspot.com

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 31 Januari 2020 14:31 WIB

Pertengkaran dengan Pasangan dan Cara Mengatasinya

Tentang relasi dan komunikasi dengan pasangan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pertengkaran merupakan suatu hal yang bisa saja terjadi dalam setiap hubungan asmara. Bertengkar dengan kekasih sangat wajar. Selanjutnya yang mesti dipikirkan adalah bagaimana menghadapi pertengkaran itu agar tidak menjadi berlarut-larut.

Berikut ini adalah masalah-masalah yang paling sering membuat pasangan kekasih bertengkar, dan bagaimana cara menyikapinya.

  • Masalah UangPertengkaran karena masalah uang tidak hanya bisa terjadi bagi mereka yang sudah menikah. Ketika masih berpacaran, pasangan juga bisa mempersoalkan masalah uang. Misalnya, pria komplain tentang kebiasaan wanita menghabiskan uang belanja, menanyakan gaji di tempat pasangan bekerja atau berapa jumlah uang simpanan di rekening kekasihnya. Uang merupakan sumber masalah yang sensitif untuk dibicarakan pasangan kekasih, jadi sebaiknya tidak perlu membicarakannya kecuali anda dan si dia sudah berniat segera menikah.
  • Kecemburuan - Kecemburuan memang bukan hal yang mengherankan, namun cemburu merupakan salah satu penyebab utama pasangan bertengkar. Ketika mendapati kekasih jalan dengan wanita lain atau bersikap manis dengan teman wanitanya, pasti akan ada rasa kesal. Demikian juga sebaliknya, si dia juga akan cemburu jika melihat anda berkumpul bersama teman-teman pria. Cemburu sangat wajar dalam percintaan, namun jangan sampai berkembang jadi cemburu buta yang bisa merusak hubungan asmara.
  • Perbedaan Pendapat - Kadang-kadang apabila terlalu lama menjalin hubungan, anda akan menyadari bahwa ada ketidakcocokan antara anda berdua. Baik itu masalah kesenangan, dunia kerja, pertemanan maupun gaya hidup. Jalinan asmara memang bisa menyatukan berbagai perbedaan, namun apabila itu menyebabkan anda dan si dia bertengkar terus menerus, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan untuk mengevaluasi kembali hubungan yang sedang anda jalani.               
  • Prioritas - Prioritas seringkali menyebabkankan konflik antara pasangan, bila apa yang anda utamakan dan si dia berbeda. Dia memprioritaskan hubungan, sementara anda menganggap pekerjaan lebih penting. Kekasih sangat mementingkan keluarganya, dilain pihak anda ingin mendapat perhatian lebih dari apapun. Apabila ingin hubungan berlangsung terus, sebaiknya disepakati dahulu hal apa yang paling utama bagi anda berdua.
  • Masa Lalu - Setiap orang pasti merasa tidak nyaman jika hubungan masa lalunya selalu diungkit-ungkit, apalagi orang yang mengungkitnya adalah pasangan di masa sekarang. Pertengkaran yang sering terjadi biasanya disebabkan salah seorang membandingkan kekasih dengan mantannya, atau dia terus menerus bertanya tentang hubungan masa lalu. Ibarat sebuah kaca spion, masa lalu sebaiknya hanya dilihat sesekali ke belakang sebagai refleksi untuk melangkah lebih baik ke depannya.
  • Stres - Siapakah orang di dunia ini yang tidak pernah mengalami stres? Gangguan kejiwaan ini juga bisa menyebabkan sepasang kekasih bertengkar. Seringkali seseorang terkena lampiasan amarah karena kekasihnya mendapat tekanan di kantor atau punya masalah keluarga. Apabila stres mendera, lebih baik meminta pada kekasih anda untuk tidak bertemu dulu sementara waktu sampai pikiran jernih, sehingga masalah kantor atau keluarga tidak sampai mengganggu hubungan asmara.
  • Pergi Keluar - Pemicu pertengkaran lain yang sering terjadi adalah masalah pergi keluar. Kekasih ingin mengajak anda pergi bersama teman-temannya, anda menolak, tapi ternyata dia tetap pergi. Mengetahui kekasih tetap bisa pergi bersenang-senang tanpa anda, bisa menimbulkan perasaan kesal dan tak dipedulikan. Tidak ada salahnya menemani kekasih untuk berkumpul dengan teman-temannya. Anda pun bisa menjalin pertemanan lebih banyak lagi. 

Demikianlah tulisan kecil dan sederhana ini hanya sebagai ungkapan berbagi pemahaman tentang menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, bagaimana menyikapi pertengkaran yang mungkin terjadi dan bagaimana menyelesaikannya. Semoga bermanfaat bagi anda dan pasangan anda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

***
Solo, Jumat, 31 Januari 2020. 1:52 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler