Peduli Kesehatan, Mahasiswa KKN UMM Kelompok 09 Lakukan Penanaman Tanaman Obat Keluarga - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Alfian Noor

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Januari 2020

Minggu, 2 Februari 2020 13:06 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Peduli Kesehatan, Mahasiswa KKN UMM Kelompok 09 Lakukan Penanaman Tanaman Obat Keluarga


    Dibaca : 564 kali

    Jumat, 31 Januari 2020 KKN UMM Kelompok 09 melakukan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Taman RT.01, RW.05 Desa Wonorejo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Wonorejo, Perangkat Desa Wonorejo, Masyarakat Desa Wonorejo dan Mahasiswa KKN UMM Kelompok 09. Adapun KKN UMM Kelompok 09 menanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebanyak 20 Jenis yaitu: Daun sirih, Lidah buaya, Kunyit, Jahe, Temulawak, Kencur, Seledri, Belimbing Wuluh, Broto Wali Sambiloto, Binahong, Asam Jawa, Cabai Jawa, Cengkeh, Jeruk Nipis, Kapulaga, Cocor Bebek, beluntas, Kumis Kucing dan Pegagan. Tujuan dari adanya penanaman tanaman obat keluarga ditujukan untuk membuat apotek hidup di desa wonerjo yang nantinya dapat dimanfaatkan warga sekitar, selain itu tujuan lain dari adanya penanaman tanaman obat keluarga adalah untuk memenuhi kebutahan keluarga akan obat-obatan.
    Ahmad Ali Afifudin selaku perwakilan dari Divisi Kesehatan dan Lingkungan KKN UMM Kelompok 09 Desa Wonorejo menjelaskan dengan adanya penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan wujud kepedulian dari KKN UMM Kelompok 09 kepada warga Desa Wonorejo, karena dengan adanya tanaman obat keluarga merupakan salah satu cara untuk memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kemudian ia juga berharap bahwa kedepannya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga Desa Wonorejo. Sementara itu, H. Sokeh selaku Kepala Desa Wonorejo sangat mendukung adanya kegiatan yang dilakukan oleh KKN UMM Kelompok 09, kemudian ia juga berharap nantinya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dapat bermanfaat bagi warga Desa Wonorejo.
    Sementara itu Moh. Jufri selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengapresiasi ide KKN 09 UMM yang melakukan penanaman TOGA, Selain untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga. Diharapkan dengan adanya apotik hidup yang ditanam ini akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis sekalipun, sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika tertanam dengan tertata rapi. Selanjutnya jufri menjelaskan bahwa sudah banyak penelitian tentang macam-macam tanaman obat yang tersedia di lingkungan, tanaman obat juga tidak kalah dengan obat yang sudah banyak dijual di toko atau apotik.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.