x

Talenda digital di tengah disrupsi

Iklan

Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Rabu, 5 Februari 2020 07:19 WIB

Kampung Digital, Mungkinkah?

Kadira atau Kampung Digital Rakyat menjawab tantangan masa depan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kampung dan digital bisa jadi bukan dua kata yang seringkali sepadan untuk bersanding dalam satu kalimat. Namun, anggapan ini nampaknya tidak lagi relevan mengingat kampung digital adalah masa depan dari kondisi kampung di Berau, Kalimantan Timur.

Adalah Kadira, atau kampung digital rakyat, program unggulan dari Bupati Berau, H. Muharram. Program ini diharapkan mampu menjawab tantangan perekonomian kampung di tengah derasnya perubahan dunia, di era disrupsi teknologi industri 4.0.

Dengan program Kadira, maka tiap-tiap kampung di Berau akan mendapatkan akses internet secara merata. Akses internet ini direncanakan akan dibangun di tiap balai warga dan balai kampung, dimana semua masyarakat nantinya dapat mengakses internet dengan mudah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan Kadira, maka para pemuda kampung dapat belajar dan beradaptasi dengan dunia global yang cepat berubah. Selain belajar, program Kadira sendiri nantinya mampu berkolaborasi dengan program OVOP atau one village one product yang telah lebih dahulu berjalan di Berau. Sehingga, tiap-tiap kampung di Berau, dapat memasarkan hasil produk unggulannya kepada dunia yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun global. Jadi tidak hanya terbatas pada pasar di dalam Kabupaten atau Provinsi semata.

Program Kadira ini tentu harus diapresiasi, mengingat pertumbuhan pemuda atau kelas usia pekerja sedang bertambah yang merupakan bagian dari bonus demografi. Sehingga pemuda kampung dapat menatap masa depan yang lebih menjanjikan, meskipun berada dalam pusaran perubahan disrupsi dunia yang serba cepat.

Ikuti tulisan menarik Rizki Siahaan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler