x

ilustr: GitaCinta.com

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 10 Februari 2020 11:45 WIB

Tips Mengajarkan Kedisiplinan pada Anak

Tentang cara menerapkan kedisiplinan pada anak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perlu diperhatikan oleh orangtua untuk menentukan dan mengajarkan anak-anak tentang hal apa saja yang bisa diterima serta hal apa saja yang tidak dapat diterima. Menetapkan batasan-batasan tapi tetap membuat anak merasa nyaman. Namun seringkali banyak dari orangtua yang tidak konsisten dengan keputusannya, terkadang orangtua membiarkan anaknya melakukan kesalahan tapi di lain waktu menjadi sangat keras dan bahkan berlebihan saat anak melakukan kesalahan yang sama.

Mengajarkan kedisiplinan pada anak memang pekerjaan yang tidak mudah, namun apabila hal ini berhasil dilakukan maka kepuasan besar akan dirasakan oleh orangtua. Berdasarkan pengalaman, pengamatan dan pendapat beberapa orangtua yang sukses dalam pendidikan anaknya, berikut ini dipaparkan secara singkat beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk menerapkan kedisiplinan itu, antara lain:

Pilihlah Cara yang Tepat

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Buatlah cara yang tepat dengan menerapkan batasan yang jelas serta konsekuensi yang harus diterima anak apabila ia melanggar batasan tersebut.

Gunakan Kontak Mata

Apabila anak melakukan suatu kesalahan atau tidak mau menurut, tidak perlu berteriak atau marah-marah. Namun cukup menatap mata anak maka biasanya dengan sendirinya anak pasti sudah mengerti.

Jangan Mengomel

Cukup berikan instruksi yang jelas pada anak, jika anak tidak mau menuruti berikan konsekuensi yang telah disepakati bersama.

Beri Tanda Penghargaan

Buatlah peraturan apabila anak bisa berlaku disiplin akan mendapatkan penghargaan seperti bintang. Setiap akhir minggu jumlahkan berapa bintang yang telah didapatkan anak dan beri penghargaan yang lebih tinggi lagi.

Tenangkan Diri

Apabila orangtua tidak bisa menahan diri, menjauhlah dari anak dan biarkan menenangkan diri terlebih dahulu agar tidak meluapkan kemarahan pada anak dengan mengomel atau berteriak.

Diskusikan Segala Sesuatu dengan Anak

Apabila anak sudah cukup mengerti untuk diajak berbicara, maka ajaklah anak untuk terlibat dalam menetapkan segala macam peraturan yang akan dibuat.

Nah, itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan kedisiplinan pada anak. Apapun strategi yang akan digunakan dalam menerapkan disiplin pada anak, hal yang paling penting adalah orangtua harus tetap konsisten. Apabila tidak konsisten anak akan menjadi bingung apa yang sebenarnya diinginkan oleh orangtuanya. Selamat mencoba menerapkannya dan menjadi orangtua yang berhasil serta bijaksana.

***
Solo, Senin, 10 Februari 2020. 10:16 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler