Penyaluran Pupuk untuk Petani Berau Sudah Dijamin - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Senin, 10 Februari 2020 15:34 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Penyaluran Pupuk untuk Petani Berau Sudah Dijamin

    Ketersediaan Pupuk Vital Bagi Petani.

    Dibaca : 1.192 kali

    Peningkatan produktivitas pertanian di Berau menjadi fokus pemerintah Kabupaten Berau. Peningkatan ini bukannya tanpa alasan, mengingat pada tahun 2018, pertanian di Berau khususnya komoditas jagung menjadi penyumbang terbesar komoditas jagung se-Kalimantan Timur. Kemampuan peningkatan produk pertanian didukung oleh luasnya lahan pertanian produktif di Berau seluas 93.000Ha, dimana 4.206Ha diantaranya ialah komoditas jagung.

    Fokus pemerintah Kabupaten Berau untuk meningkatan produktivitas tidak tanpa program-program dukungan, banyak program kemudian diluncurkan, sebut saja program ADK dan BUMK. Dalam program ini produk-produk unggulan pertanian di Kampung-kampung di Berau dikelola dengan profesional dan mandiri. Namun dari sekian program pertanian di Berau, satu program yang sangat dibutuhkan oleh petani yakni penyaluran pupuk.

    Sudah menjadi pemahaman khalayak bila pupuk berperan vital dalam pertanian. Petani jagung sendiri setidaknya membutuhkan pupuk di atas 50kg untuk per hektar luas lahan jagung. Vitalnya pupuk bagi petani setara dengan vitalnya peran irigasi. Apabila jaringan irigasi dapat dikerjakan melalui skema dana bantuan alokasi dana kampung, maka jaminan ketersediaan pupuk hanya dapat dilakukan dengan niat baik pemerintah.

    Saat ini, di bawah pemerintahan Bupati Berau H. Muharram, ego sektoral di dalam mengurus pertanian sudah mulai dikesampingkan. Hal ini dapat terlihat dari kerjasama antara Dinas Pertanian dan Perkebunan Berau dengan perusahaan Pupuk Kaltim. Nantinya, pupuk yang akan disalurkan kepada petani akan dipasok oleh Pupuk Kaltim.

    Dengan pasokan yang stabil dari Pupuk Kaltim dapat dipastikan penyaluran pupuk ke petani akan terjamin. Jaminan inilah yang dibutuhkan oleh petani jagung, sehingga pengeluaran dalam menggarap lahan dapat dialihkan pada kebutuhan rumah tangga lainnya. Jaminan penyaluran pupuk ini perlu ditingkatkan dan menjadi contoh bagi daerah lain, mengingat tidak hanya memberikan kepastian kepada petani, namun juga memberikan peluang bagi petani untuk berkembang.

     

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.