Tingkatkan Produksi Kakao, Petani Berau Diberi Bibit - Analisa - www.indonesiana.id
x

Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2020

Senin, 10 Februari 2020 18:13 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Tingkatkan Produksi Kakao, Petani Berau Diberi Bibit

    Insentif Pemerintah Berau terhadap Komoditas Unggulan Kokoa.

    Dibaca : 1.235 kali

    Beberapa komoditas pertanian di Berau memiliki potensi yang lebih besar bila dibandingkan dengan komoditas lainnya. Kokoa termasuk salah satu dari sekian banyak komoditas unggulan di Berau. Adapun komoditas pertanian unggulan lainnya di Berau seperti lada, jagung dan kedelai. Komoditas unggulan ini memiliki perlakuan khusus bila dibandingkan dengan komoditas lainnnya.

                Pemerintah Kabupaten Berau sendiri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Berau, memberikan pelatihan sekolah lapangan pengendalian hama terpadu (SLPHT). Sekolah dan pelatihan ini diberikan kepada petani kokoa yang juga tergabung ke dalam kelompok petani. Sekolah ini berfokus pada pendidikan dan pelatihan untuk pengendalian hama tanaman (PHT) serta organisme penganggu tanaman (OPT). Tak hanya pelatihan, petani kokoa di Berau juga mendapatkan bantuan bibit. Sebanyak 5.000 bibit kokoa diberikan kepada petani di Kampung Birang.

                Berbagai pelatihan dan bantuan bibit bagi petani kokoa di Berau tidak bisa terlepas dari kebijakan Bupati Berau, H. Muharram yang memang pro terhadap perkembangan petani dan pembangunan desa. Dalam hal pembangunan pro desa beberapa program telah dijalankan sebut saja, ADK, BUMK, SKSP, dan Kadira. Program-program tersebut saling terkait satu dengan yang lainnya dimana tiap-tiap program bagaikan alur dari hulu ke hilir, mulai dari pengembangan produk unggulan hingga peningkatan kesejahteraan warga desa atau kampung di Berau.

                Harapannya dengan berbagai program pro petani dan desa, produktivitas komoditas kakao dapat meningkat dan menyejahterakan petani kakao. Mengingat dalam beberapa tahun terakhir produksi kakao sempat menurun. Potensi komoditas kakao di Berau dapat dikatakan besar, karenanya berbagai program Bupati Berau, H. Muharram terhadap komoditas kakao dengan memberikan insentif kepada petani kakao haruslah tetap didukung.

     

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.