Akses Kelola Hutan dan Lahan Diharapkan Dapat Mensejahterakan Masyarakat Kabupaten Berau - Analisa - www.indonesiana.id
x

Muna Laya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Selasa, 11 Februari 2020 17:26 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Akses Kelola Hutan dan Lahan Diharapkan Dapat Mensejahterakan Masyarakat Kabupaten Berau


    Dibaca : 1.178 kali

    Pemerintah Kabupaten Berau beserta Bupati Muharram melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupaya mengajak masyarakat untuk memiliki akses kelola hutan dan lahan yang luasnya hampir sebesar 75% daratan Indonesia, target 12,7 juta hektar akan diberikan pengelolaannya kepada masyarakat seperti yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

     

    Hasil hutan bisa dimanfaatkan sesuai prinsip kelestarian yang ramah lingkungan dan sejalan dengan nilai-nilai konservasi. Kesejahteraan masyarakat yang berada di dalam dan di sekitar kawasan hutan nantinya dapat meningkat.

     

    Salah satu daerah yang cukup maju dalam mendukung program Perhutanan Sosial ini adalah Kabupaten Berau yang saat ini telah memiliki lima lokasi Hutan Desa. Salah satu Hutan Desa yang ada di Berau yang dikelola oleh Desa Merabu bahkan telah berhasil meraih penghargaan terbaik ke-II nasional dalam penghargaan Wana Lestari yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

     

    Dengan adanya akses kelola hutan dan lahan, masyarakat diharapkan dapat menurunkan konflik sosial yang sering terjadi karena kurangnya akses terhadap sumber daya alam. Dengan adanya akses tersebut, diharapkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat seiring berjalannya waktu.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.