Merantau Boleh Saja, Kalau Ada Artinya. - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

marsha fitria

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2020

Rabu, 12 Februari 2020 06:07 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Merantau Boleh Saja, Kalau Ada Artinya.

    Dibaca : 167 kali

    Merantau memang menjadi impian beberapa anak muda yang ingin menjelajah dan mencari pengalaman maupun ilmu di wilayah baru. Bagi sebagian anak muda, terlebih anak muda yang baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), tentu kata merantau menjadi hal yang sangat menarik bagi anak muda di luar pulau Jawa dengan segala tawaran yang ditawarkan oleh perguruan tinggi negeri atau swasta di pulau Jawa.

    Tak heran banyak anak muda usia 17-20 tahun yang pergi meninggalkan kampung halaman untuk mencari ilmu hingga mendapat gelar sarjana. Tak terkecuali dengan anak muda di Kabupaten Berau. Hal ini disadari betul oleh Bupati Berau, H. Muharram yang mana melihat bahwa merantau untuk mencari ilmu dan pengalaman di luar Berau tentu sangat baik bagi pengembangan sumber daya manusia di kabupaten Berau. Namun hal itu dirasa sia-sia jika kepergian mereka tidak membuahkan apapun untuk daerah asal mereka, yaitu Berau.

    Bupati Berau, H. Muharram merencanakan dalam Fokus Program Kabupaten Berau 2020 miliknya, bahwa untuk meningkatkan ekonomi daerah Berau salah satunya yaitu dengan Program yang bernama Kampung Memanggil. Sistem kerja program ini adalah dengan cara memanggil semua sarjana dan lulusan keahlian yang merantau ke luar Berau seperti pulau Jawa dan sekitarnya untuk kembali ke Berau dan membangun serta mengedukasi warga Berau agar keterampilan dan wawasan sumber daya manusia yang ada di daerah dapat meningkat dengan ilmu yang telah di dapat selama mereka menempuh pendidikan di daerah rantau masing-masing. 

    Muharram selaku Bupati Berau mengaku bahwa tingkatan sumber daya manusia yang ada di Berau masih belum tercukupi secara optimal jika hanya mengandalkan staff ahli yang ada di daerah Berau itu sendiri. Maka dari itu beliau berharap kepada para perantau yang sudah selesai menempuh pendidikan untuk kembali ke Berau dan membangun Berau menjadi lebih baik lagi.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.