x

Iklan

Rizki Alfaizi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2020

Rabu, 12 Februari 2020 06:10 WIB

Gelar Pentas Seni Budaya, Penutupan KKN 08 UMM Berlangsung Meriah


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Dalam rangka transformasi nilai budaya pada anak-anak usia dini, KKN 08 UMM adakan pentas seni dan budaya di Dusun Baran, Kabupaten Malang. Acara ini diawali oleh penampilan anak-anak di sekitaran dusun baran dengan membawakan beberapa tarian tradisional seperti tari saman, tari bangau dan tari dadali lengkap bersama kostum yang dikenakan, Sabtu (08/02/2020).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak hanya penampilan tari tradisional, mahasiswa KKN 08 UMM juga mengajak masyarakat menyaksikan video profil Desa Karangnongko yang telah digarap secara bertahap dihari pertama pengabdian sampai H-1 sebelum acara berlangsung. Video ini berisi cuplikan rekaman potensi desa di sektor pertanian dan peternakan sebagai lahan garap kerja.

Masyarakat sebagai pihak yang disuguhi acara tersebut terlihat cukup antusias, Ni Luh Putu  Vallerian Ardensia selaku penggagas acara ini mengatakan, “Meskipun acara ini berlangsung sampai larut malam dan di tengah acara sempat diguyur hujan tetap tidak menyurutkan animo masyarakat. Tentu hal ini sesuai dengan harapan kami, mengingat dua minggu lamanya persiapan acara tersebut,  termasuk melatih gerakan tari pada anak-anak supaya nantinya bisa maksimal ketika tampil di atas panggung”. 

 

Dhanis AL-Zulkifli sebagai koordinator acara mengatakan “saya berharap seusai diadakannya acara ini, anak-anak di sekitaran Dusun Baran mampu mengaktualisasikan nilai budaya dalam setiap gerak langkah kehidupannya ”. 

Seni sebenarnya sudah melekat pada dunia anak. Ketika orangtua memberikan pensil atau krayon dan memberikan contoh untuk menggambar, anak akan meniru coretan tersebut. Walau kadang rumah menjadi berantakan dengan berbagai alat mewarnai dan coretan, mengajarkan seni membantu mengembangkan keterampilan anak dan mengajari anak berbagai hal.

Drs. Moh. Jufri, ST. MT selaku Dosen Pembimbing Lapang sangat mengapresiasi Kelompok KKN 08 UMM yang melaksanakan kegiatan ini. Secara terpisah Jufri mengatakan, “Kegiatan kesenian itu jauh dari yang namanya buang-buang waktu. Kesenian justru punya manfaat besar bagi perkembangan anak”. Lebih lanjut Jufri menjelaskan, “Manfaat seni pada kehidupan anak  dapat mengembangkan kreativitas, meningkatkan konsentrasi dan disiplin, belajar mengekspresikan diri serta membangun kerja sama dan tanggung jawab”. (RIZ)

Ikuti tulisan menarik Rizki Alfaizi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler