Belajar Hidup Sehat Bersama KKN 07 UMM - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ryan putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2020

Jumat, 14 Februari 2020 06:31 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Belajar Hidup Sehat Bersama KKN 07 UMM

    Dibaca : 178 kali

    Malang (24,01,2020), Kelompok KKN 07 Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Desar Negeri (SDN) 01, Desa Jambersari Kecamatan Poncokusumo.

    Agenda yang diadakan oleh divisi Kesehatan tersebut diikuti oleh kelas 1 dan kelas 2. Zahra selaku Ketua Divisi Kesehatan menjelaskan, PHBS merupakan cara atau kebiasaan seseorang untuk mencegah penyakit dan menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih dan sehat. "PHBS diorientasikan kepada kelas 1 dan 2, sebab masih banyak yang belum bisa mengetahui dan menjaga pola hidup dengan baik, khususnya kebersihan dan kesehatan diri," ungkap Zahra yang juga mahasiswa jurusan Farmasi tersebut.

    Agenda diawali dengan sosialisasi oleh anggota divisi kesehatan, tentang hal apa saja yang termasuk dalam PHBS.  Pertama, diajarkan adalah cara mencuci tangan pakai sabun (CTPS). Hal tersebut dilakukan agar dapat membasmi kotoran dan kuman yang melekat di tangan. Kedua, rajin menggosok gigi beserta langkah-langkahnya.

    Ketiga, memelihara rambut agar tetap bersih. Keempat, memakai pakaian yang bersih dan rapi. Kelima, rajin berolahraga. Keenam, membuang sampah pada tempatnya. Ketujuh, harus memilih jajanan yang sehat, terkhusus jajanan warung sekolah.

    Selanjutnya siswa-siswi diajarkan secara langsung dipandu oleh para relawan KKN 07. Dari dalam kelas, mereka langsung diarahkan ke halaman sekolah guna mempraktekkan pelajaran yang telah didapatkan sebelumnya. Satu per satu para siswa yang berbaris rapi dituntun oleh relawan KKN 07 untuk mencuci tangan menggunakan Hand wash.

    Mereka diajarkan cara mencuci tangan yang baik mulai dari menggosok-gosok tangan hingga ke sela-sela jari satu per satu. Praktek kedua adalah para siswa menggosok gigi mereka sesuai tata cara yang telah diajarkan di dalam ruangan.

    Kelompok KKN dibawah asuhan Bapak Moh. Jufri ST., MT ini, kompak membantu para siswa mengikuti dan mempraktekkan PHBS hingga selesai.    


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.