KKN 07 UMM di Desa Jambesari Tumbuhkan Semangat Gerakan Literasi Dengan Mendatangkan Perpustakaan Keliling - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ryan putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2020

Jumat, 14 Februari 2020 06:35 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • KKN 07 UMM di Desa Jambesari Tumbuhkan Semangat Gerakan Literasi Dengan Mendatangkan Perpustakaan Keliling

    Dibaca : 237 kali

    MALANG (30/01/2020), kelompok KKN 07 Desa Jambersari mengadakan generasi  giat literasi dengan mendatangkan mobil perpustakaan keliling di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Jambersari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.  Kegiatan yang diinisiasi oleh Divisi Pendidikan ini, dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Humas UMM. Para siswa yang dilibatkan merupakan siswa SD kelas 1 sampai dengan kelas 5.

    Dalam agenda yang dilaksanakan di lapangan SDN 1 jambesari ini, masing-masing kelas didampingi oleh kakak-kakak dari  KKN 07 sebagai penuntun bagi mereka dalam agenda tersebut. Ketika diarahkan ke lokasi kegiatan oleh pendamping masing-masing, para siswa sangat antusias menyambut kehadiran mobil perpustakaan keliling yang dihadirkan langsung oleh Humas UMM.

    Silvi, siswa kelas 1 mengatakan, ia sangat senang bisa membaca buku yang beragam gambarnya. "Di kelas kami hanya belajar menggunakan LKS yang gambarnya hanya hitam putih," ungkapnya. Sementara Kepala Sekolah menjelaskan, sangat terbantu dengan berbagai program yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 07 Jambesari mulai dari program mengajar di sekolah sampai dengan program perpustakaan keliling, sangat membantu para guru. Dikarenakan kekurangan tenaga pengajar, sehingga mereka kewalahan dalam proses mengajar di kelas. Bahkan ada mata pelajaran yang sama sekali tidak ada tenaga pengajarnya, salah satunya pelajaran bahasa ingris.

    Minat baca para siswa pun menurun karena selain kekurangan tenaga pengajar yang bisa mendampingi mereka dalam membaca, juga karena kurangnya buku-buku layak baca. Fahri selaku ketua divisi pendidikan mengatakan, pada dasarnya agenda perpustakaan keliling ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca para siswa. Namun yang ditemukan di lapangan lebih menyedihkan lagi. "Bahkan siswa kelas 5 masih ada yang belum bisa membaca dengan lancar," tutur dia.

    Kelompok KKN 07 UMM dibawah arahan Bapak Mohammad Jufri selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dengan tekun mendampingi para siswa membaca dan bermain. Selain itu, Kak Annisa dari Humas UMM sebagai fasilitator bagi para siswa dengan semangat mengajak mereka memainkan permainan petunjuk arah (Direction), sambil menyanyikan lagu Baby Shark. Ini didesain selain melatih sel motorik para siswa, juga secara tidak langsung mengajar mereka berbahasa inggris dengan cara yang menyenangkan (Fun English).


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.