x

Iklan

Ryan putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2020

Jumat, 14 Februari 2020 06:36 WIB

Kelompok 7 KKN UMM, Mengenalkan Kebudayaan Indonesia Lewat Refleksi Budaya di SD 1 Jambesari


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang, Kelompok KKN  07 Desa Jambersari mengadakan kegiatan Refleksi Budaya di SD Negeri 01 Jambersari. Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja dari divisi Sosial-Budaya (Sosbud) tersebut, diikuti oleh siswa-siswi kelas 4 dan 5.Ghita selaku ketua divisi Sosbud mengatakan bahwa, tujuan dari kegiatan tersebut adalah Menanamkan rasa cinta tanah air, melestarikan keragaman budaya  Indonesia,  serta menghargai perbedaan. 

Hal tersebut berakar dari kondisi  masyarakat Indonesia yang heterogen. Kondisi sebuah bangsa yang diilhami dengan keberagaman suku, agama, ras maupun gender. Sudah barang tentunya, jiwa toleransi dan saling menghormati dipupuk sejak dini oleh para siswa.Kelompok KKN dibawah asuhan Moh. Jufri ST., MT, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ini, bersemangat memperkenalkan berbagai kekayaan budaya kepada para siswa. 

Kegiatan yang diadakan pada selasa, (21/01/2020),  dimulai dengan Perkenalan seluruh budaya di Indonesia, yang disampaikan melalui presentasi dan pemutaran video tentang budaya Indonesia. Pengenalan budaya meliputi keragaman pakaian adat, rumah adat, tari tradisional, senjata tradisional, juga keberagaman agama di Indonesia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain pengenalan budaya, para siswa juga disuguhkan dengan pemutaran film laskar pelangi. Tujuanya adalah menstimulus para siswa agar berani bermimpi. Antusiasme para siswa-siswi semakin bertambah ketika di sela-sela acara, para panitia KKN memberikan Doorprize sebagai bentuk penghargaan atas jawaban dari kuis yang diberikan. Pertanyaan dari Kuis yang diberikan masih berorientasi seputar budaya Indonesia, diantaranya lagu daerah dan suku di Indonesia. Kegiatan tersebut diakhiri dengan setiap siswa menuliskan cita cita mereka.

Ikuti tulisan menarik Ryan putra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB