x

ilustr: The Irish Times

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 15 Februari 2020 17:40 WIB

Manfaat Berciuman

Tentang berciuman dan manfaatnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam berbagai budaya di seluruh dunia, berciuman di bibir telah menjadi ungkapan yang umum akan kasih sayang. Berciuman merupakan salah satu cara mengekspresikan cinta antara dua orang, yang melibatkan sentuhan, penciuman dan indra perasa.

Menurut pakar kesehatan, ciuman berperan meningkatkan metabolisme tubuh seseorang dan ampuh untuk mengatasi stres. Sebagai tambahan pengetahuan untuk anda, kenalilah sejumlah manfaat berciuman untuk kesehatan berikut ini:

  1. Siapa pun yang mencium pasangannya setiap pagi sebelum berpisah, berpotensi hidup 5 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak    melakukannya.
  2. Berciuman berdampak positif untuk rasa percaya diri. Membuat anda merasa dihargai dan membantu menjernihkan pikiran anda.
  3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciuman-ciuman yang dilakukan dengan penuh gairah setiap hari (sedikitnya 20 detik setiap ciuman) dapat menurunkan kelebihan berat badan. Saatnya untuk berdiet dengan ciuman!
  4. Berciuman diakui sebagai pelepas stres. Ciuman yang bergairah dapat mengurangi ketegangan pikiran, mengurangi energi negatif,            meningkatkan perasaan bahagia, dan menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon pemicu stres.
  5. Berciuman mampu mengaktifkan 30 otot-otot wajah sehingga dapat membuat wajah lebih kencang dan menghindarkan pipi peyot dan      meningkatkan sirkulasi darah di wajah.
  6. Berciuman juga sangat baik bagi jantung, karena dapat menghasilkan zat adrenalin yang membuat jantung anda memompa lebih banyak  darah ke seluruh tubuh. Sering berciuman telah terbukti secara ilmiah dapat menstabilkan aktivitas kardiovaskular, menurunkan tekanan    darah, dan kadar kolesterol.
  7. Siapa pun yang sering berciuman akan berkurang kemungkinannya untuk mengalami infeksi perut, kandung kemih, dan gangguan            peredaran darah.
  8. Pada saat berciuman, zat antibodi alami diproduksi melalui liur. Juga, air liur mengandung semacam zat anestesi yang dapat mengurangi      rasa nyeri.
  9. Berciuman dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kadar oksitoksin (oxytocin ), yaitu hormon yang membangkitkan rasa tenang  dan damai.
  10. Zat endorphin yang diproduksi saat berciuman , 200 kali lipat lebih kuat dari morfin,sehingga cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri.

Nah, itulah beberapa manfaat berciuman bagi kesehatan kita. Sudahkah anda berciuman hari ini?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

***
Solo, Sabtu, 15 Februari 2020. 1:56 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler