A Day With Math, Cara Seru UPH Kenalkan Matematika Pada Siswa SMA - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Rabu, 19 Februari 2020 14:36 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • A Day With Math, Cara Seru UPH Kenalkan Matematika Pada Siswa SMA

    Dibaca : 1.072 kali

    Dalam rangka memperkenalkan siswa SMA dengan ilmu Matematika, Program Studi Actuarial and Applied Mathematics Universitas Pelita Harapan (UPH) mengadakan acara A Day With Math dengan konsep yang menarik dan interaktif. Acara yang berlangsung pada 13 Februari 2020, di Kampus UPH Lippo Village ini tidak hanya memberikan informasi tentang Matematika, tetapi juga mengajak para siswa mengaplikasikan Matematika dalam kehidupan sehari-hari, maupun profesional.

    Diawali dengan talk show yang membahas tentang Actuarial dan Data Science dengan mengundang praktisi yang sudah ahli di kedua bidang tersebut, seperti Steven Tanner, FSAI – Actuary PT Dayamandiri Dharmakonsolindo, Mourits Rompah – Actuary PT Dayamandiri Dharmakonsolindo, dan Setyven, S.Si., S.Kom – Head of Data Style Theory. Talkshow ini membahas seputar prospek kerja program studi Matematika yang saat ini banyak dicari.

    “Mungkin dulu banyak orang yang mengira bahwa jurusan Matematika, prospek kerjanya hanya menjadi dosen atau tenaga pengajar. Nyatanya, sekarang prospek pekerjaannya sangat banyak, apalagi didukung dengan munculnya start up. Contohnya data scientist yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan seperti Gojek, Kredivo, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Ada juga profesi aktuaris, salah satu profesi menjanjikan dengan gaji besar,” ujar Kie Van Ivanky Saputra, Ph.D – Kepala Program Studi Actuarial and Applied Mathematics UPH.

    Selanjutnya, untuk memberikan pengalaman praktis di bidang matematika, para siswa mengikuti workshop yang berkaitan dengan pekerjaan Aktuaria dan Data Science, sehingga mereka mendapatkan gambaran tentang pekerjaan dari kedua profesi tersebut.

    Selain itu, hadir juga Booth Treasure Hunt untuk para siswa belajar sembari bermain. Para siswa dibagi menjadi 9 kelompok yang masing-masing anggotanya berasal dari SMA yang berbeda. Pemenang dari Booth Treasure Hunt ini akan mendapatkan potongan admission sebesar 25%.

    Ada juga sesi sharing alumni, dari Earlitha Olivia Lionel – Aktuaris di AIA, yang menceritakan  pengalaman studi di Matematika UPH dan manfaat yang diperoleh.

    “Keputusan  untuk memilih prodi Matematika UPH sangat tepat, karena disini ada actuarial science club yang membuat saya bisa belajar bersama dengan anggota club. Selain itu, para dosen juga berperan dalam mendorong saya untuk menyicil ujian aktuaria sejak kuliah, sehingga saya dapat melalui seluruh ujian tersebut di usia saya yang ke-22 ini,” ujar Earlitha.

    Berikut testimoni guru dan siswa:

    Georgius Rocki – Guru Matematika Atisa Dipamkara

    “Acara ini sangat bagus dan saya pribadi senang dengan kehadiran acara ini, kalau bisa lebih diperbanyak juga acara-acara seperti ini. Terlebih acara ini sangat bermanfaat bagi para siswa, khususnya untuk kelas 11, agar mereka memiliki gambaran tentang prodi Matematika, prospek pekerjaannya apa saja, contohnya seperti hari ini yang membahas tentang aktuaria dan data science. Jadi, dengan mengikuti acara ini para siswa menjadi lebih terarah, terlebih bagi mereka yang tertarik di bidang Matematika,” ucap dia.

    Kenny Haryanto – Kelas 11 IPA – SMA Tarakanita Citra Raya

    “Acara ini sangat bermanfaat terutama bagi kami yang menyukai matematika. Melalui acara ini saya menjadi lebih tahu tentang prospek pekerjaan prodi matematika yang ternyata sangat luas dan dibutuhkan. Sebelum mengikuti acara ini, saya hanya tahu bahwa prospek pekerjaan Matematika hanya menjadi dosen atau guru,” katanya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.