Open House UPH Beri Siswa SMA Pengalaman Unik Lewat Workshop - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Kamis, 20 Februari 2020 16:19 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Open House UPH Beri Siswa SMA Pengalaman Unik Lewat Workshop

    Dibaca : 1.049 kali

    Universitas Pelita Harapan (UPH) selalu membuat konsep yang unik dan menarik dalam memperkenalkan program studi dan dunia perkuliahan terhadap siswa SMA. Kali ini, siswa SMA Cita Hati Surabaya, yang mengikuti Open House UPH mendapat kesempatan mengikuti workshop yang diadakan beberapa program studi yang ada di  UPH. Sekitar lebih dari 100 siswa mengikuti dalam workshop yang diadakan pada 12 Februari 2020. Selain medapatkan informasi, para siswa juga dapat merasakan langsung aktivitas atau praktik dari salah satu mata kuliah prodi tertentu.

    Diantaranya, program studi Cinematography mengajak para siswa untuk terjun langsung dalam proses persiapan dan produksi sebuah film. Setiap siswa mendapat peran seperti director, cameraman, soundman, hingga sutradara.

    “Workshop ini bertujuan agar siswa memperoleh pengetahuan tentang cinematography, sekaligus memiliki experience dalam persiapan dan produksi sebuah film. Jadi, awalnya kami berikan script standar terlebih dulu, lalu langsung kami bagi dalam dua tim yang setiap timnya berisi 10 anggota. Masing-masing dari mereka mendapatkan kesempatan untuk merasakan menjadi director, cameraman, soundman, sutradara, dan asisten sutradara,” kata Baptista Anton, S.Sn., M.I.kom.  - Kepala peminatan Cinematography.

    Dari prodi Teknologi Pangan, memberikan workshop membuat bobba milk tea, minuman yang saat ini tren di kalangan anak muda, dengan bahan dasar yang bergizi, seperti tepung jail-jali, wortel, madu, hingga jagung.

    “Jadi, tujuan dari Workshop adalah untuk menciptakan minuman kekinian, tetapi dengan bahan yang lebih bergizi dan tinggi protein. Peserta kami ajarkan prinsip dari apa yang dipelajari dalam Teknologi Pangan, yaitu bagaimana mengolah minuman yang tidak asal enak, tetapi harus kaya nutrisi juga. Untuk milk tea kami buat dari daun jasmine untuk memberikan aroma teh, dan susunya dari jagung. Sedangkan, untuk bobba, kami menggunakan tepung jali-jali, tapioka, dan sedikit bahan untuk mengenyalkan,” ujar  Wenny Silvia Loren Br Sinaga, M.Si.– Dosen.

    Tidak ingin kalah, School of Design juga memberikan Workshop membuat produk dengan memanfaatkan sampah plastik. Ada juga worshop dari prodi musik yang memperkenalkan aplikasi untuk membuat sound kepada para siswa.

    Selain itu, masih banyak Workshop lainnya yang dapat dipilih siswa sesuai dengan minat mereka,  antara lain, Hospitality Management, Radio & TV, Pottery, dan Business Plan. Setelah mengikuti Workshop, para siswa diajak untuk Campus Tour, untuk mengenal lingkungan hingga fasilitas yang disediakan UPH untuk mendukung proses pembelajaran.

    Berikut testimoni peserta:

    Naomi – Kelas 10 SMA Cita Hati Surabaya

    “Saya tadi mengikuti workshop dari Food Technology, kebetulan juga saya suka masak. Jadi, saya enjoy banget selama mengikuti Workshop ini,” ujar Naomi.

    Iskandar Waskito – Guru Pendamping

    “Menurut saya acara ini cukup menarik dan bermanfaat, terlebih bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan adanya workshop ini, siswa tidak hanya kenal dengan prodi yang ada, tetapi juga turut merasakan aktivitas mahasiswa. Dengan adanya pengalaman tersebut, para siswa bisa memiliki gambaran tentang prodi yang ingin mereka masuki,” ucap Iskandar.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.