x

Kerajaan galuh

Iklan

Kang Affan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Februari 2020

Rabu, 26 Februari 2020 05:53 WIB

Pro Kontra Kerajaan Galuh

Beberapa hari yang lalu sempat ramai masalah Kerajaan Galuh di Ciamis. pernyataan salah seorang tokoh nasional yang menyatakan kerajaan galuh itu tidak ada.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa hari yang lalu sempat ramai masalah Kerajaan Galuh di Ciamis. Pernyataan salah seorang tokoh nasional yang menyatakan Kerajaan Galuh itu tidak ada karena dilihat dari sisi ekonomi saja, hal itu membuat saya merasa terpanggil untuk membahas kerajaan galuh.

Namun saya menyadari bukan seseorang yang mengetahui sejarah dan tidak concern terhadap sejarah, sehingga di sini saya mengundang salah seorang pakar sejarah dari cirebon yaitu Akbarudin  Sucipto untuk membicarakan Kerajan Galuh menurut pandangan sejarah Cirebon dari mulai awal mula berdiri dan seterusnya. 

Dari hasil dialog kami, didapati bahwa Kerjaan Galuh itu sudah disebut dari kitab carita Prahiyangan, selain itu beberapa kitab kuno di Cirebon juga sudah mulai menyebut nama Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh itu sekitar tahun 300 Masehi. Hal ini membuat Kerajaan Galuh dan Sunda memang jauh lebih dulu ada daripada kerajaan-kerjaan seperti Padjajaran, Majapahit, Singosari, dll.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk lebih jelasnya bisa menonton obrolan kami di channel youtube GEN AFFANDI.

Ikuti tulisan menarik Kang Affan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB