3 Kesalahan yang Kerap Dilakukan dalam Investasi Saham - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 26 Februari 2020 07:18 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • 3 Kesalahan yang Kerap Dilakukan dalam Investasi Saham

    Masih banyak yang belum memahami dengan benar soal investasi sehingga banyak yang melakukan kesalahan.

    Dibaca : 3.320 kali

    Investasi termasuk solusi terbaik untuk menjaga keuangan di masa depan. Investasi yang terencana yang baik dan berhasil akan memerdekakan keuangan di masa masa depan.

    Menariknya, saat ini sudah ada banyak pilihan investasi aman yang bisa dinikmati, semisal investasi saham melalui aplikasi IPOTGO. Hanya saja, saat ini baru sedikit yang sadar akan pentingnya investasi untuk kemerdekaan keuangan di masa depan dan melakukannya.

    Dari jumlah yang sedikit ini, ternyata masih banyak yang belum memahami dengan benar soal investasi sehingga banyak yang melakukan kesalahan.

    Karena kesalahan ini sifatnya tak disengaja, hanya sedikit yang sadar akan dampak buruk, yang secara konkret mewujud dalam bentuk kerugian yang dialami. Alhasil, invetsasi pun tak maksimal hasilnya.

    Oleh sebab itu, sebisa mungkin tentu perlu menghindari kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan dalam berinvestasi. Berikut ini 3 kesalahan umum yang kerap dilakukan investor sehingga investasinya tidak maksimal:

    1. Menyepelekan Risiko

    Semua investasi memiliki risiko dan untuk yang satu ini banyak investor gagal menilai risiko. Memahami dan menilai risiko dengan tepat sama saja memiliki kemampuan manajemen risiko. Dengan manajemen risiko yang baik maka peluang kegagalan investasi akan berkurang. Memanajemen risiko sama artinya dengan menilai potensi kerugian. Misalkan dalam investasi saham, potensi kerugian bisa diminimalisasi dengan analisis fundamental dan teknikal. Karena menyelekan risiko, banyak investor mengandalkan jurus spekulasi.

    2. Fokus ke Keuntungan Saja

    Kesalahan kedua yang kerap dialami investor yakni sering hanya fokus ke keuntungan untuk jangka waktu yang singkat. So, kalau hanya mengutamakan cuan tanpa mempertimbangkan hal lain maka investasi akan tidak maksimal. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam investasi seperti prospek jangka panjang dan risiko. Singkat cerita tidak sedikit investor yang hanya mengejar cuan, namun investasinya tidak maksimal, karena kurangnya penilaian yang tepat.

    3. Fokus Menanti Waktu yang Tepat

    Momen yang tepat adalah hal penting dalam investasi. Bila bisa memilih waktu yang tepat, misalkan dalam memilih saham, yakni bisa membeli saham di saat harga terendah atau menjual saham saat harga tertinggi, maka cuan yang didapatkan akan maksimal. Masalahnya, pekerjaan ini tidak mudah dan karena kelamaan atau kebanyakan menunggu moment yang tepat maka cuan tidak bisa segera didulang. Banyak hal menjadi terlewatkan karena terlalu folus dengan menunggu.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.