3 Kemudahan Investasi Reksa Dana demi Kemerdekaan Finansial Anda - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Kamis, 27 Februari 2020 06:03 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • 3 Kemudahan Investasi Reksa Dana demi Kemerdekaan Finansial Anda

    Investasi reksa dana menjadi salah satu cara untuk memastikan keamanan finansial di masa depan. Keamanan finansial ini biasa disebut juga dengan kemerdekaan keuangan. Pengelolaan yang bijak biasanya diiringi dengan langkah konkret mengekang diri dari kecenderungan untuk boros atau konsumtif. Ini 3 tip untuk anda.

    Dibaca : 3.610 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Investasi reksa dana menjadi salah satu cara untuk memastikan keamanan finansial di masa depan. Keamanan finansial ini biasa disebut juga dengan kemerdekaan keuangan. Namun ini semua bukan tanpa usaha serius di saat ini.

    Investasi itu seperti berkorban untuk saat ini demi masa jaminan kebahagiaan di masa depan, pasalnya demi masa depan yang lebih baik pengelolaan keuangan dengan bijak sudah menjadi syarat utama.

    Pengelolaan yang bijak biasanya diiringi dengan langkah konkret mengekang diri dari kecenderungan untuk boros atau konsumtif. Dengan "sedikit bersusah-sudah" di saat ini maka di masa depan kebebasan keuangan itu terwujud, yakni kondisi bebas alias benar-benar bebas menjadi diri sendiri dan benar-benar bebas menjalankan hal-hal yang disukai tanpa terbebani masalah keuangan.

    Menariknya, investasi reksa dana saat ini sudah sangat mudah sehingga bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang terbaik, semisal melalui aplikasi IPOTGO besutan IndoPremier Sekuritas, yang hadir dengan fitur-fiturnya yang komprehensif sehingga bakal memudahkan dalam upaya mendapatkan cuan untuk masa depan yang cerah.

    Dan berikut ini adalah 3 (tiga) kemudahan dalam investasi reksa dana yang akan memerdekaan finansialmu di masa depan:

    1. Sudah 100% Online

    Di masa lalu investasi reksa dana tergolong tidak mudah, namun saat ini sudah very easy karena sudah 100% online mulai dari registrasi hingga transaksi bisa dilakukan dengan smartphone di genggaman tangan. Karena sudah 100% online dan tentunya berbasis aplikasi yang user friendly maka investasi reksa dana ini sangat cocok untuk pemula.

    Pemula di sini tak hanya anak-anak muda (milenial) yang memang dekat dengan smartphone, tetapi juga siapa pun yang selama ini belum mengenal investasi. Karena sudah 100% online maka investasi bisa dilakukan dimana saja dan dari mana saja asal ada jaringan internet tentunya.

    Meski serba online, keamanannya pun terjamin. Dana investasi reksa dana yang disetor juga enggak dipegang langsung oleh perusahaan Manajer Investasi, tapi dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal sebagai bank kustodian. Jadi, para pemula tidak perlu taku dana dibawa kabur pihak tak bertanggung jawab.

    2. Biaya Terjangkau

    Alasan utama investasi reksa dana itu cocok cocok untuk pemula, seperti untuk milenial jaman sekarang ini, adalah modal masuknya yang sangat terjangkau. Dengan Rp.100.000,- siapa pun bisa memulai investasi reksa dana. Biaya ini tentu tak seperti dengan nominal di masa lalu, dimana modal awal untuk investasi reksa dana bisa mencapai jutaan.

    Uang Rp.100.000,- bagi milenial tentu bisa dukumpulkan dengan menyisihkan sedikit demi sedikit dari uang saku. Dengan nilai investasi yang terjangkau dan kecil ini maka investor tak perlu takut merugi tatkala merugi karena belum lihai dalam memilih reksa dananya. Lalu dari sisi risiko yang relatif kecil, keuntungan yang didapatkan bisa lebih tinggi dari pada sekadar ditabung di tabungan konvensional.

    3. Pengelolaan Simpel

    Siapa bilang investasi reksa dana itu sulit? Yang sulit itu di pikiran, sehingga ketika dilakuin tentu akan terasa mudahnya. Kemudahan dalam investasi reksa dana dirasakan karena ada yang namanya Manajer Investasi (MI) yang mengelolanya. Dengan bantuan Manajer Investasi ini, investor pemula tak perlu repot-repot mengamati dan menganalisis pasar. Pengelolaan investasi reksa dana sudah sepenuhnya ditanggung oleh Manajer Investasi yang telah mendapat izin dari otoritas resmi.

    Istilahnya, dalam investasi reksa dana, investor tinggal duduk manis karena sudah ada MI yang mengembangkan dana yang disetorkan. Oleh sebab itu, kunci utama yang perlu ditekankan adalah memilih perusahaan Manajer Investasu yang terpercaya dan track recordnya bagus.

     

    Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.