x

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memimpin balapan F1 GP Cina di Sirkuit Internasional Shanghai, Ahad, 14 April 2019. Lewis sukses menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 1 jam 32 menit dan 06,350 detik. Karena wabah virus Covid-19, grand prix Shanghai terpaksa ditiadakan. REUTERS

Iklan

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 2 Maret 2020 14:28 WIB

Daftar Event Dunia yang Batal Karena Wabah Covid-19, Bagaimana dengan Formula E Jakarta?

Sebelum kasus positif Covid-19 di Indonesia ini, wabah sudah menyebar ke 61 negara dan menjangkiti 86.992 orang. Saat ini jumlah meninggal akibat corona  mencapai 2.979 orang dan jumlah penderita sembuh 42.618 orang. Begitu mondialnya skala penyebaran virus ini, sejumlah event dunia terpaksa dibatalkan, mulai dari GP1 hingga konser penyanyi internaisonal. Bagaimana dengan rencana balapan Formula E di Jakarta?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seorang petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 Maret 2020. Pemerintah mengevakuasi 69 kru kapal pesiar Diamond Princess dari Yokohama, Jepang dan selanjutnya akan menjalani proses observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta. ANTARA

Wabah penyebaran virus corona atau Covid-19 belum terbendung, dan Indonesia akhirnya terpapar. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut dua orang warga negara Indonesia (WNI) sudah positif terpapar karena tertular dari warga negara Jepang yang positif Corona, dan bertandang ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Ibu dan putrinya, dua orang itu di Indonesia. Sudah di rumah sakit. Si ibu usia 64 tahun dan anaknya umur 31 tahun," ujar Jokowi, Jakarta pada Senin, 2 Maret 2020, seperti ditulis Tempo.co. Saat ini kedua pasien positif Covid-19 ini tengah dirawat di RS Sulianti Sarosa.

Sebelum kasus positif Covid-19 di Indonesia ini, wabah sudah menyebar ke 61 negara dan menjangkiti 86.992 orang. Saat ini jumlah meninggal akibat corona  mencapai 2.979 orang dan jumlah penderita sembuh 42.618 orang.

Begitu mondialnya skala penyebaran virus ini, sejumlah event dunia terpaksa dibatalkan. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih jauh. Evenet yang dibatalkan itu, seperti ditulis Koran Tempo, edisi 1 Maret adalah

 1. Grand Prix Formula 1 Shanghai 2020. Federasi Automobil Internasional (FIA) membatalkan Formula 1 di sirkuit Internasional Shanghai pada 19 April 2020. FIA menilai Shanghai tidak aman dari wabah Covid-19. Hingga saat ini belum ada keputusan apakah agenda ini akan dijadwalkan ulang atau dibatalkan.

 2. Geneva Motor Show 2020. Pemerintah Swiss mengambil langkah pencegahan wabah Covid-19 dengan membatalkan semua agenda internasional, termasuk Geneva Motor Show 2020 yang sedianya digelar pada 5-15 Maret mendatang.

 3. Konferensi tahunan Facebook. Facebook juga membatalkan agenda tahunan terbesarnya, F8 Developers Conference yang seharusnya digelar pada 5-6 Mei mendatang di California, Amerika Serikat.

 4. Pertemuan Donald Trump dengan 10 pemimpin negara Asia Tenggara. Presiden Amerika Donald Trump menunda pertemuan dengan 10 pemimpin negara Asia Tenggara pada 14 Maret mendatang di Las Vegas.

 5. Konser musikus dunia. Berbagai artis dunia membatalkan jadwal manggung di Asia. Band pop-punk Greenday membatalkan tur ke Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan Jepang. Begitu juga grup vokal pria asal Korea Selatan, BTS, yang membatalkan konser dunianya, termasuk jadwal manggung di Seoul pada 11 dan 19 April mendatang.

Olimpiade 2020 yang rencananya berlangsung 24 Juli – 9 Agustus di Tokyo juga terancam dibatalkan. Komite Olimpiade Internasional saat ini menunggu perkembangan wabah Covid-19 hingga Mei mendatang. Jika situasi tak membaik, acara olahraga lima tahunan ini akan dibatalkan dan dilanjutkan ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Nah, bagaimana dengan balapan Formula E yang diagendkana berlangsung di Jakarta, pada Juni mendatang? Saat ini sudah muncul desakan agar balapan itu dibatalkan. Adalah Mujiyono, anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta yang meminta Gubernur DKI Jakarta untuk membatalkan perhelatan tersebut. “Kami sarankan agar event itu dibatalkan,” kata dia seperti dikutip Tribunnews.com, Ahad, 1 Maret

Dia beralasan sejumlah negara telah memberikan travel warning kepada Indonesia akibat wabah virus corona. Apakah balapan itu akan dibatalkan karena nyataknya virus covid-19 sudah menyususp ke Indonesia? Belum diketahui apa respon Gubernur Anies Baswedan atas permintaan tersebut.

Ikuti tulisan menarik Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler