x

Pembawa acara berita Prita Laura memberikan materi dalam sebuah acara pelatihan Jakarta, 15 Desember 2018. Prita membagi pengetahuan dan pengalamannya tentang keterampilan berbicara di depan publik. TEMPO/Hilman Fathurrahman W

Iklan

Elvanius Brilliant

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Kamis, 5 Maret 2020 17:49 WIB

3 Alasan Kenapa Kamu Butuh Kemampuan Public Speaking untuk Bisa Sukses

Siapa yang tidak mau jadi orang sukses? Rasanya tidak ada. Semua orang pasti mau jadi orang sukses dan sukses tidak melulu bicara soal keuangan. Baik sukses di sekolah, kuliah, tempat kerja, dunia bisnis, dan di manapun.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa yang tidak mau jadi orang sukses? Rasanya tidak ada. Semua orang pasti mau jadi orang sukses dan sukses tidak melulu bicara soal keuangan. Baik sukses di sekolah, kuliah, tempat kerja, dunia bisnis, dan di manapun.

Ada banyak kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk bisa sukses mulai dari kerja keras, disiplin, berani mengambil risiko, dan lain-lainnya. Nah, tapi kalau lebih spesifik lagi, sebenarnya keterampilan apa sih yang dibutuhkan untuk bisa sukses? Jawabannya PUBLIC SPEAKING.

Apa itu Public Speaking? Sederhananya, Public Speaking adalah sebuah keterampilan berbicara atau berkomunikasi di depan umum.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebutkan, apa profesi kamu saat ini? Siswa/i? Mahasiswa/i? Karyawan kantoran? PNS? Pengusaha? Pengacara? Tokoh agama? Jurnalis? Faktanya, apapun profesinya, Public Speaking adalah keterampilan penting yang harus kamu miliki kalau mau sukses!

Kenapa?

Simak 3 alasannya.

 

TUNTUTAN SEMUA PROFESI

Sekali lagi, faktanya Public Speaking adalah tuntutan semua profresi. Contoh: Pelajar (siswa/mahasiswa) dituntut untuk mampu membawakan presentasi di depan kelas dengan baik.

Karyawan (supervisor, manager, direktur) dituntut untuk mampu presentasi atau meeting di kantor di hadapan atasan. Tokoh agama dituntut untuk mampu membawakan ceramah.

Pengacara dituntut untuk mampu debat dan memenangkan argumen. Sales & marketing people harus bisa meyakinkan dan bernegosiasi dengan client.

Siapa yang jago Public Speaking dialah yang meraih puncak kesuksesan!

 

MEMUDAHKAN HIDUP

Public Speaking tidak hanya bermanfaat untuk berbicara ke banyak orang tapi juga komunikasi antar pribadi. Dengan kemampuan berkomunikasi atau Public Speaking, akan sangat memudahkan banyak aspek dalam kehidupan. Bukan hanya dalam konteks karier dan bisnis, bahkan juga dalam relationship. Mulai dari menemukan pasangan hidup hingga menjalin hubungan serius. Kenapa?

Berdasarkan sebuah penelitian lebih dari 70% masalah dalam hubungan terjadi karena salah komunikasi. Dengan memiliki keterampilan Public Speaking akan mengurangi banyak masalah dalam kehidupan karier, bisnis, dan juga percintaan.

MENAIKAN DERAJAT DIRI

Ini yang paling menarik. Pernahkah kamu mengamati ketika menghadiri sebuah event lalu ada seorang pembicara yang tampak profesional dan begitu dihargai? Begitulah ketika seseorang memiliki keterampilan Public Speaking, otomatis akan menaikan level dan derajatnya. Keterampilan Public Speaking bisa menaikan derajat kamu, lho.

Jadi semakin tertarik untuk mempelajari keterampilan Public Speaking?Semoga bermanfaat!

Ikuti tulisan menarik Elvanius Brilliant lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu