x

Iklan

Muna Laya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Senin, 9 Maret 2020 06:13 WIB

Muharram: Perlu Adanya Regulasi Mendalam Terkait Pelestarian Hutan Mangrove


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pemerintah Kabupaten Berau melakukan upaya melestarikan kawasan hutan mangrove. Kurang lebih 85.389 hektare mangrove tersebar di sepanjang pesisir selatan dan pesisir utara Kabupaten Berau. Keberadaan mangrove dilestarikan guna menjaga keragaman ekosistem yang ada di pesisir pantai Bumi Batiwakkal tersebut.

 

Upaya pelestarian ini didukung oleh KPH Berau Barat beserta sejumlah lembaga pemerhati lingkungan hidup. Mangrove berfungsi melestarikan lingkungan hidup, sehingga dihimbau jangan sampai masyarakat maupun wisatawan merusak apa yang sudah diupayakan oleh pemerintah daerah setempat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Bupati Muharram mengungkapkan pentingnya mangrove yang tumbuh di lahan berpasir serta lumpur berfungsi sebagai pengendali abrasi. Ketika mangrove mengalami kerusakan, maka lingkungan sekitarnya juga akan rusak dan mengancam kehidupan masyarakat sekitarnya.

 

Skema dalam pengelolaan mangrove lestari menurut Muharram sangat penting untuk kebijakan pengelolaan mangrove kedepannya dengan bantuan masyarakat. Skema awal menurutnya adalah mengamankan dengan melindungi, jangan sampai di eksploitasi berlebihan.

 

Selain memberi edukasi tentang pentingnya keberadaan mangrove, Diperlukan regulasi mendalam dalam mengatur pelestarian mangrove. Perlu ada ruang bagi masyarakat agar mereka dapat hidup sejahtera tanpa harus mengganggu terlebih merusak mangrove. Dengan mengedukasi dan memberdayakan ekonomi masyarakat lokal, mangrove diharapkan akan tetap lestari.

Ikuti tulisan menarik Muna Laya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB