x

Iklan

Muna Laya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Jumat, 13 Maret 2020 06:14 WIB

Gerakan SIGAP Sejahtera Majukan Kabupaten Berau


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Konsep pembangunan yang digagas oleh pemerintah pusat diteruskan Pemerintah Kabupaten Berau dengan rumusan SIGAP Sejahtera, yang merupakan program pendampingan masyarakat dalam penguatan kapasitas untuk mengenal potensi, kekuatan, dan perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan pembangunan desa yang setara dengan tingkat kabupaten guna menjadikan kampung sejahtera.

Pembangunan kampung menurut Bupati Berau, H. Muharram, harus selaras dengan program yang ada di kabupaten. Penyelarasan komitmen Rencana Pembangunan Daerah Berau dilakukan untuk jangka pendek maupun panjang bersinergi dengan pembangunan kampung.

SIGAP sendiri adalah Bahasa Berau yang memiliki makna responsif, cepat, tanggap. Itu adalah sikap yang harus dimiliki masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengawasi pembangunan kampung yang sejalan dengan visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Berau periode 2016-2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelaksanaan sigap merupakan usaha untuk mewujudkan Berau sejahtera, unggul, dan berdaya saing berbasis sumber daya manusia dan pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan. Pendekatan SIGAP tersebut dikembangkan oleh The Nature Conservancy Indonesia untuk mengelola sumber daya alam berkelanjutan.

Ikuti tulisan menarik Muna Laya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu