Jangan Takut Sama Corona, Pemerintah Siapkan RS Khusus di Pulau Galang - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ahmad Irso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 12 Maret 2020 13:17 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Jangan Takut Sama Corona, Pemerintah Siapkan RS Khusus di Pulau Galang

    Dibaca : 2.206 kali

    Soal wabah Virus Corona sudah masuk Indonesia, pemerintah tidak tinggal diam. Langkah pemerintah awal yaitu berupaya agar virus tidak tersebar luas.

    Dengan dibangunnya rumah sakit khusus pasien Corona atau COVID-19 di sebuah pulau perlu diberikan jempol. Ini langkah Pemerintah Indonesia menenangkan rakyatnya yang takut akan virus tersebut tersebar luas.

    Lokasi rumah sakit khusus pasien virus Corona, terbilang aman dan jauh dari pemukiman warga. Tempatnya di di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

    Jadi, rakyat Indonesia tidak usah khawatir. Pasien yang terjangkit virus Corona ditempatkan di lokasi yang jauh dari pemukiman warga.

    Setahu saya, Kemenkes RI juga telah memberikan cara antisipasi virus Corona. Salah satunya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

    Dilansir Detik.com, TNI dan Polri pun sudah turun untuk mengantisipasi virus Corona. Bahkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah bolak balik ke pulau tersebut yang akan dibangun rumah sakit khusus Corona. Menurut Hadi, lokasi tersebut tepat untuk RS khusus virus Corona karena letaknya yang jauh dari pemukiman warga.

    Selain letaknya jauh dari pemukiman warga, Pulau Galang merupakan tempat yang ideal untuk di bangun RS khusus tempat observasi dan isolasi. Hal itu karena lokasinya berada di tengah hutan serta jarak dengan pemukiman lumayan jauh.

    RS khusus tersebut rencananya akan dibangun di camp bekas pengungsi Vietnam, di Pulau Galang dan dilengkapi berbagai fasilitas. Seperti, 50 ruang isolasi dilengkapi dengan filter HEPA (high-efficiency particulate air) serta oksigen.

    Lalu rumah sakit ini rencanan berkapasitas 1.000 tempat tidur dan ditambah 50 ruang isolasi dengan bertekanan negatif dan dilengkapi oleh filter HEPA dan termasuk di dalamnya ada oksigen dan kamar mandi di dalam ruangan sebanyak 50.

    Jadi penjelasan Panglima TNI sudah jelas. Rakyat Indonesia jangan khawatir. Perlu meningkatkan PHBS dan menjaga stamina tubuh agar tetap bugar.

    Satu lagi nih. Untuk tenaga medis dan dokternya berasal dari TNI-Polri, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), juga masyarakat yang memiliki keahlian medis.

    Keseriusan Pemerintah menangani wabah Virus Corona sudah tepat.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.