x

Iklan

tinon sekar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2020

Kamis, 19 Maret 2020 13:23 WIB

Goa Jomblang, Pesona Panorama Bawah Tanah di Gunungkidul

Goa Jomblang ialah goa vertikal yang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Goa ini memiliki keindahan sinar matahari yang masuk ke dasar goa melalui lubang yang lebar. Goa Jomblang memiliki kedalaman ±75 meter dengan diameter ±50 meter.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebelum mengunjungi Goa Jomblang ada baiknya penjelajah atau wisatawan memesan karena pengunjung yang akan menyusuri goa dibatasi sekitar 20-25 orang. Jika pengunjung terlalu ramai dikhawatirkan dapat merusak kondisi asli alam di dalam goa. Untuk wisatawan ataupun penjelajah yang berkelompok pengelola menyediakan mobil offroad untuk mengangkut wisatawan ataupun penjelajah dari tempat transit menuju Goa Jomblang.

 

Rumah Kepala Dukuh Jetis Wetan digunakan untuk tempat persinggahan sementara untuk menitipkan barang sebelum masuk ke dalam goa. Kepala Dukuh dan istrinya biasanya menyambut dengan memberikan air putih atau teh hangat kepada penjelajah yang singgah dirumahnya. Selain itu Kepala Dukuh mempersilahkan penjelajah untuk menggunakan kamar mandinya untuk membersihkan diri dari lumpur-lumpur setelah melakukan penjelajahan di Goa Jomblang.

 

Mengenai lahan parkir yang disediakan oleh masyarakat setempat, penjelajah atau wisatawan hanya perlu membayar Rp3.000,00 untuk satu motornya. Namun untuk saat ini kendaraan selain motor belum ada informasi mengenai tarif yang diberikan. Biaya parkir ini bisa berubah tergantung season liburan atau hari biasa.

 

Goa Jomblang juga memiliki jam buka antara jam 08.00-14.00 WIB. Agar dapat menikmati pemandangan yang mengagumkan penjelajah atau wisatawan disarankan untuk datang sektitar pukul 10.00-12.00 WIB karena matahari bisa masuk dengan sempurna melalui bibir goa, dengan catatan jika cuaca cerah. Saat musim hujan Goa Jomblang tutup untuk mengantisipasi meluapnya sungai bawah tanah.

 

Akses jalan menuju Goa Jomblang dari jalan utama Wonosari-Semanu ke Desa Pacarejo cukup baik karena jalan raya sudah diaspal, namun ketika sudah sampai di area Goa Jomblang jalan yang dilalui agak sulit karena jalan masih bertekstur batuan. Pengelola sengaja tidak memperbaiki jalan disekitar area Goa Jomblang karena menjadi ciri khas jalan disekitar goa yang masih alami.

 

Ikuti tulisan menarik tinon sekar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler